No image available for this title

Text

Pengaruh Metode Gaya Mengajar dan Motor Ability terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Service pada Permainan Tenis Lapangan: Studi Eksperimen pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga FIK-UNP/ Andre Igoresky



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas yaitu gaya mengajar dan variabel moderator motor ability terhadap variabel terikat hasil belajar teknik dasar servis permainan tenis lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Padang. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 mahasiswa dari 123 populasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analysis of variance (ANOVA) 2x3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan; (1) Kelompok gaya mengajar latihan dan gaya mengajar resiprokal senilai Qhitung= 5,22 >Qtabel = 2,83. (2) Kelompok gaya mengajar latihan dan gaya mengajar inklusi senilai Qhitung= 10,44>Qtabel = 2,83. (3) Kelompok gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar inklusi senilai Qhitung= 5,22>Qtabel = 2,83. (4) Pengaruh interaksi senilaiFhitung = 10,19>Ftabel = 3,15. (5) Terdapat perbedaan hasil belajar servis tenis lapangan antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar resiprokal dilihat darimotor ability tinggi senilai Qhitung= 7,01>Qtabel = 3,96. (6) Terdapat perbedaan hasil belajar servis tenis lapangan antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar inklusi dilihatdari motor ability tinggi senilai Qhitung= 12,34>Qtabel = 3,96. (7) Terdapat perbedaan hasil belajar servis tenis lapangan antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar inklusi dilihat dari motor ability tinggi senilai Qhitung= 5,33>Qtabel = 3,96. (8) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar servis tenis lapangan antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar resiprokal dilihat dari motor ability rendah senilai Qhitung= 0,98


Availability

2022019526andPENJAS/sin AND 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/sin AND 2022
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
29 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this