No image available for this title

Text

Pengembangan Model Latihan Memukul Bola Softball Berbasis Hitting Zone untuk Pemula Usia 15-18 Tahun/Dikdik Fauzi Dermawan



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan menguji model latihan memukul bola softballberbasis hitting zone untuk pemula usia 15-18 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet softballputri pemula usia 15-18 tahun diantaranya 10 atlet softball putri Kota Bogor untuk uji coba kelompok kecil. 35 atlet softball putri Kabupaten Tangerang untuk uji coba kelompok besar. Pada uji efektivitas 20 atlet softballputri sebagai kelompok kontrol dan 20 atlet softball putri sebagai kelompok eksperimen dari Klub Baseball-Softball Garuda Jakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan produktivitas memukul bola softball.Hasil penelitian didapat 21 model latihan memukul bola softball berbasis hitting zone untuk pemula usia 15-18 tahun. Nilai rata-rata gain scorekelompok eksperimen sebesar 0,694 dengan kategori sedang dan untuk kelompok kontrol sebesar 0,292 dengan kategori rendah. Perbandingan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 24,90 sedangkan kelompok kontrol sebesar 11,5. Uji perbedaan rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol didapat t hitung sebesar 9,614 dengan df=38 dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000


Availability

2022019512dikPENJAS/sin DIK 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/sin DIK 2022
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
49 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this