No image available for this title

Text

Pengembangan Model Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif/Mario Febrian



Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji keefektifan model bahan ajar tenis lapangan berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar tenis lapangan mahasiswa olahraga. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi dari teori Borg dan Gall yang memiliki 10 tahapan pengembangan. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistics descriptive kualitatif dan kuantitatif. Tahapan dimulai dari; (1) Research and Information colletion, (2) Planning, (3) Develop Preliminary form of Product, (4) Preliminary Field Testing (validasi produk dilakukan dengan melibatkan expert judgment yaitu ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran), (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing, (7) Operational Product Revision, (8) Operational Field Testing, (9) Final Product Revision, dan (10) Disemination and Implementasi. Produk yang dihasilkan adalah aplikasi pembelajaran tenis lapangan dan buku bahan ajar tenis lapangan. Kebaruan dari penelitian ini terlihat pada; 1) produk pengembangan dikembangkan dari berbasis komputer ke smartphone, sehingga pengguna dalam hal ini adalah mahasiswa dapat belajar secara mandiri kapan saja dan dimana saja tanpa terikat waktu dan tempat, 2) produk pengembangan berbentuk aplikasi bahan ajar tenis lapangan yang didalamnya terdapat contoh gerakan teknik dasar tenis lapangan yang sudah disusun sesuai dengan karakteristik mahasiswa olahraga. 3) Rangkaian gerakan teknik dasar tenis lapangan disusun sistematis dan sederhana, 4) terdapat juga peraturan dan perwasitan tenis lapangan. Sementara originalitas dari produk penelitian ini yaitu; 1) aplikasi pembelajaranbahan ajar tenis lapangan didesain, disusun dan dibuat oleh peneliti, 2) rangkaian gerakan teknik dasar tenis lapangan dilakukan oleh pemain profesional dan video yang terdapat pada aplikasi pembelajaran merupakan video asli yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bahan ajar tenis lapangan berbasis multimedia interaktif telah layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar tenis lapangan mahasiswa olahraga. Terbukti berdasarkan hasil validasi pakar dan uji lapangan (uji coba skala kecil dan uji coba skala besar) maupun pada uji efektifitas.Kata Kunci: Bahan Ajar, Tenis Lapangan, Multimedia Interaktif.


Availability

2022019560marPENJAS/sin MAR 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/sin MAR 2022
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
39 hlm ; ilus ; 21cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this