Record Detail
Advanced SearchText
Model Pembelajaran Fundamental Movement Skill Bagi Siswa KElas Atas Sekolah Dasar Berbasis Permainan / Veni Elisyah
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kefektifan model pembelajaran gerak dasar berbasis permainan pada sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi dari teori Borgand Gall10 tahapan. Penelitian ini menggunakan instrumen Test of Gross Motor Development(TGMD-3) sedangkan teknik analis data menggunakan metode Quasi Experiment Design. Subyek pada penelitian ini berjumlah 158 yang terdiri dari 5 sekolah dasar, subyek eksperimen dan kontrol diambil dari sebagian sampel yang berjumlah 68 siswa. Hasil uji-t menyatakan bahwa model yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar jalan, lari, lempar, menangkap dan lompat dengan perbedaan rerata t0adalah 15,462 > t-tabel 1,668, derajat bebas 66 α = 0,05. sedangkan untuk menguji kefektifan penerapan model pembelajaran menggunakan dengan rumus N-Gain, dengan nilai rata-rata kelompok kontrol 11,65% kategori tidak efektif,sedangankan kelompok eksperimen 51,32 % termasuk dalam kategori Cukup Efektif. Selain itu, penelitian ini menghasilkan produk 30 item model pembelajaran fundamental movement skill berbasis permainan bagi siswa kelas atas sekolah dasar dari 30 item model pembelajaran yang sudah di validasi oleh ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ahli belajar gerak dan ahli permainan. Kesimpulan model pembelajaran fundamental movement skill berbasis permainan bagi siswa kelas atas sekolah dasar terdapat pengaruh signifiakan dan efektif dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar dan menghasilkan 30 produk item model pembelajaran pembelajaran fundamental movement skill berbasis permainan bagi siswa kelas atas sekolah dasar.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Fundamental Movemnt Skill, Permainan, Siswa Sekolah Dasar
Availability
2022019568ven | PENJAS/sin VEN 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PENJAS/sin VEN 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2022 |
Collation |
44 hlm. : Ilus; 2022
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PENJAS/sin VEN 2022
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available