No image available for this title

Text

Model Pembelajaran Fundamental Movement Skill Bagi Siswa KElas Atas Sekolah Dasar Berbasis Permainan / Veni Elisyah



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kefektifan model pembelajaran gerak dasar berbasis permainan pada sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi dari teori Borgand Gall10 tahapan. Penelitian ini menggunakan instrumen Test of Gross Motor Development(TGMD-3) sedangkan teknik analis data menggunakan metode Quasi Experiment Design. Subyek pada penelitian ini berjumlah 158 yang terdiri dari 5 sekolah dasar, subyek eksperimen dan kontrol diambil dari sebagian sampel yang berjumlah 68 siswa. Hasil uji-t menyatakan bahwa model yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar jalan, lari, lempar, menangkap dan lompat dengan perbedaan rerata t0adalah 15,462 > t-tabel 1,668, derajat bebas 66 α = 0,05. sedangkan untuk menguji kefektifan penerapan model pembelajaran menggunakan dengan rumus N-Gain, dengan nilai rata-rata kelompok kontrol 11,65% kategori tidak efektif,sedangankan kelompok eksperimen 51,32 % termasuk dalam kategori Cukup Efektif. Selain itu, penelitian ini menghasilkan produk 30 item model pembelajaran fundamental movement skill berbasis permainan bagi siswa kelas atas sekolah dasar dari 30 item model pembelajaran yang sudah di validasi oleh ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ahli belajar gerak dan ahli permainan. Kesimpulan model pembelajaran fundamental movement skill berbasis permainan bagi siswa kelas atas sekolah dasar terdapat pengaruh signifiakan dan efektif dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar dan menghasilkan 30 produk item model pembelajaran pembelajaran fundamental movement skill berbasis permainan bagi siswa kelas atas sekolah dasar.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Fundamental Movemnt Skill, Permainan, Siswa Sekolah Dasar


Availability

2022019568venPENJAS/sin VEN 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/sin VEN 2022
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
44 hlm. : Ilus; 2022
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/sin VEN 2022
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this