No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran GErak Dasar Lompat JAuh Berbasisi Permainan untuk Siswa Sekolah Dasar / Zihan Novita Sari



Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan memvalidasi produk latihan dan meningkatkan serta mengembangkan mutu latihan secara efektif. Penelitian ini juga merupakan penelitian Research and Development(R & D) Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap yakni: (1) Research and information collecting (2) Planning (3) Development of the preliminary from of product (4) Preliminary field testing (5) Main product revision (6) Main field test. (7) Operational product revision (8) Operational field testing (9) Final produk (10) Dissemination and implementation. Penelitian ini akan menghasilkan Pengembangan Model pembelajaran gerak dasar berbasis permaian. Keterbaharuan dalam penelitian ini adalah penggunaan media pada model pembelajaran dengan pemdekatan bermain, produk yang dihasilkan berupa buku yang berisikan model permainan yang berunsur dari gerak dasar teknik lompat jauh, gambar media yang digunakan juga berbentuk animasi. Uji kelompok kecil pada penelitian inidilakukan di SD Negeri 126 Palembang dan Uji kelompok besar di SD Negeri 125 Palembang dan uji efektifitas dilaksanakan disekolah dasar Madrasah ibtidaiyah 2 palembang. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini berupa tes keterampilan Lompat jauh dengan skala likert. Dari hasil uji efektifitas terhadap 28 model didapat hasil pretestkelompok eksperimen skor sebesar 13,05 dan pada tahap post testekperimen mengalami peningkatan menjadi sebesar 16,85. Berdasarkan analisis data di atas diperoleh t0 sebesar 33,471 dan ttabel2,021 dengan derajat bebas 39 dan α = 0,05. Dengan demikian, t0 = 2,021 > ttabel = 2,021 atau H0ditolak. Karena H0ditolak maka H1diterima, terdapatperbedaan antara hasil pembelajaran keterampilan lompat jauh untuk siswa setelah diberikan model pembelajaran keterampilan lompat jauh pada tes awal dan tes akhir. dengan demikian maka model pembelajaran gerak dasar lompat jauh berbasis permaian dapat meningkatakan keterampilan lompat jauh. Kata Kunci: Model Pembelajaran, permainan, Lompat jauh


Availability

2022019570zihPENJAS/sin ZIH 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/sin ZIH 2020
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
19 hlm. :ilus : 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/sin ZIH 2020
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this