No image available for this title

Text

Pengaruh Perilaku Kepemimpinan, Komunikasi Interpersonal dan Kepuasan Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Guru SMP Swasta di Ciledug Kota Tangerang



Tujuan penelitian untuk menganalisis dan menguji pengaruh langsung positif:

(1) perilaku kepemimpinan terhadap efektivitas kerja; (2) komunikasi interpersonal terhadap efektivitas kerja; (3) kepuasan kerja terhadap efektivitas kerja; (4) perilaku kepemimpinan terhadap kepuasan kerja; (5) komunikasi interpersonal terhadap kepuasan kerja; (6) perilaku kepemimpinan terhadap komunikasi interpersonal. Digunakan desain penelitian survei-kausal dengan teknik analisis jalur. Sampel penelitian 171 guru SMP Swasta di Ciledug Kota Tangerang. Data dikumpulkan dengan menggunakan empat kuesioner yaitu: Efektivitas Kerja (rα=0,85), Perilaku Kepemipinan (rα=0,86), Komunikasi Interpersonal (rα=0,86) dan Kepuasan Kerja (rα=0,92). Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan perilaku kepemimpinan terhadap efektivitas kerja. (2) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan komunikasi interpersonal terhadap efektivitas kerja.

(3) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan kepuasan kerja terhadap efektivitas kerja. (4) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan perilaku kepemimpinan terhadap kepuasan kerja. (5) Komunikasi interpersonal berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. (6) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan perilaku kepemimpinan terhadap komunikasi interpersonal. (7) Kepuasan kerja dan komunikasi interpersonal merupakan mediator parsial dari pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru. (8) Terdapat pengaruh positif yang signifikan perilaku kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal dan kepuasan kerja secara silmultan terhadap efektivitas kerja guru. Disimpulkan bahwa keragaman efektivitas kerja guru SMP swasta di Ciledug Kota Tangerang dapat diprediksi melalui keragaman perilaku kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal guru, dan kepuasan kerja guru baik sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama. Komunikasi interpersonal guru merupakan prediktor tertinggi terhadap efektivitas kerja guru dibandingkan dengan perilaku kepemimpinan kepala dan kepuasan kerja guru. Kebaruan penelitian sebagai faktor pembeda dengan penelitian sebelumnya adalah: (1) variabel prediktor efektivitas kerja guru yang dianalisis; (2) rujukan teori dan konsep, dimensi, indikator dan instrumen penelitian; (3) lokasi penelitian; dan (4) desain penelitian.



Kata Kunci: Perilaku Kepemimpinan, Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Kerja, Efektivitas Kerja


Availability

2022019573mohMP/sin MOH 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/sin MOH 2021
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
72 hlm.: ilus; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this