No image available for this title

Text

Pengaruh Islamic Corporate Culture, Transformational Leadership, Personality dan Job Satisfaction Terhadap Employee Engagement Bank Syariah XYZ / Muhammad Fahri Faridi



Perbankan syariah merupakan salah satu motor penggerak perekonomian nasional Indonesia yang potensinya sangat besar, dengan dominasi penduduk muslim sebanyak 88,1 persen. Merujuk pada data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bahkan di masa pandemi Covid-19, industri perbankan syariah tetap tumbuh positif. Terbukti, sepanjang tahun lalu, pertumbuhannya mencapai 8,08 persen. Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kinerjanya, perbankan syariah sangat memperhatikan pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Organisasi yang berfungsi dengan baik adalah hasil dari SDM yang sehat, berkomitmen dan selalu memotivasi yang disebut engaged employee. Tujuan penelitian ini adalah melakukan studi untuk menganalisis pengaruh langsung Islamic corporate culture, transformational leadership, personality dan job satisfaction terhadap employee engagement, serta menganalisis pengaruh tidak langsung Islamic corporate culture, transformational leadership dan personality terhadap employee engagement melalui mediasi job satisfaction. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Populasi penelitian adalah karyawan tetap Bank Syariah XYZ se-jabodetabek dengan sampel penelitian terdiri dari 274 responden. Besarnya jumlah sampel ditetapkan menggunakan kriteria 5-10 kali indikator dari model penelitian, dan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik analisis dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan program software AMOS 24. Hasil menunjukkan bahwa personality, job satisfaction dan Islamic corporate culture melalui job satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement. Adapun Islamic corporate culture secara langsung dan transformational leadership baik secara langsung maupun tidak langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap employee engagement. Hasil penelitian menegaskan bahwa personality merupakan variabel yang paling berpengaruh kuat dalam meningkatkan employee engagement. Job satisfaction dapat memediasi Islamic corporate culture dan personality dalam meningkatkan employee engagement. Orisinalitas dan nilai dari penelitian ini adalah yang pertama menggunakan variabel Islamic corporate culture, transformational leadership, personality dan job satisfaction dalam menganalisis pengaruhnya terhadap employee engagement


Availability

2022019618muhIM/sin MUH 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
IM/sin MUH 2022
Publisher Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
58 hlm. : ilus. ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
IM/sin MUH 2022
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this