No image available for this title

Text

Pengajaran Menulis Teks Bahasa Inggris Melalui Kombinasi Pendekatan Proses dan Explicit Teaching : Penelitian tindakan pada mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris/ RITA HANDAYANI



Penelitian menggunakan pendekatan proses telah banyak dilakukan sebelumnya. Akan tetapi kelemahan dari pendekatan proses adalah kurangnya bimbingan dari gurudan hal ini ada di dalam pengajaran eksplisit (explicit teaching).Oleh karena itu, penelitian ini mengabungkan pendekatan proses dan pengajaran eksplisit untuk meningkatkan keterampilan menulis teks bahasa Inggris dengan fokus pada peningkatan isi dan organisasi tulisan mahasiswa.Purposive samplingdigunakan untuk memilih 35 mahasiswa semester dua dari program studi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner, pengamatan, dan tugasmenulis. Selain menggunakan triangulasi data, validitas dan keandalan data dalam penelitian ini juga diperoleh melalui kriteria rubrik penilaian yang disusun secara terperinci dan penilaian hasil menulis yang diberikan oleh dua penilai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi pendekatan proses dan strategi pengajaran ekspisitmemberikan dampak signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis teks Bahasa Inggris mahasiswa. Peningkatan yang signifikan terlihat pada aspekpengorganisasian ide-ide,pengembangan kalimatutama, dan penulisan kalimat utama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kombinasi pendekatan proses dan strategi pengajaran eksplisitefektif meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis teksbahasa Inggris yang efektif.Kata kunci: Menulis, teks bahasa Inggris, pendekatan proses, explicit teaching


Availability

D0728LT/ds D0728Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0728
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxiii, 308 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this