No image available for this title

Text

Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara / JUMADI



Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, mengungkap fakta, memperoleh temuan empirisdan menghasilkan rekomendasi berupa PedomanImplementasi Program Pendidikan Karakter diSekolah DasarIslam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utarayang difokuskan pada konteks, masukan, proses, dan hasil.Permasalahanyangdihadapi oleh SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara dalam implementasi Program Pendidikan Karakter adalah masih belum optimal fungsi supervisi, monitoring dan evaluasi sebagai pengendali mutudan belum maksimal antara program dan proses dengan realisasi di lapangan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pendidik/Guru, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, dan Ketua Komite Sekolah. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, perwakilan guru, dan ketua komite sekolah. Waktu penelitian dari bulan Januari –Juni2019. Uji keabsahan kualitas data dilakukan melalui triangulasi data, sumber, metode dan waktu.Hasil penelitian evaluasi konteksyang mencakup visi dan misi, program, tujuan program dibandingkan dengan kriteria yang ditetapkan menunjukkan hasil amat baik, untukevaluasi masukan yang mencakup strategi program, desain program, rencana program pendidikan karakter, dan kesiapan sumber dayadibandingkan dengan kriteria evaluasi yang digunakanmenunjukkan hasil amat baik, untuk evaluasi proses yang mencakup pelaksanaan program pendidikan karakter dibandingkan dengan kriteria evaluasi yang digunakan sudah berjalan dengan amat baik, demikian juga untuk evaluasi hasil yang mencakup hasil capaian dan dampak capaian program dibandingkan dengan kriteria evaluasi yang digunakan juga menunjukkan hasil amat baik. Dari hasil evaluasi secara keseluruhan, maka program dapat dilanjutkan karena pelaksanaan program menunjukkan bahwa seluruh aspek sudah berjalan sesuai tujuan dan harapan sertamemberikan hasil dan manfaat, bahkan program perlu disebarkan di tempat lain karena program tersebut sudah berhasil dengan amat baik. Kata kunci: evaluasi, implementasi, program, pendidikan karakter, danCIPP.


Availability

D0729MP/ds D0729Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds D0729
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 331+...hlm ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this