Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Esai Bahasa Inggris pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Mitra Karya Bekasi/ Tiara Noviarini
Menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang bersifat produktif. Untuk itu, maka prinsip pengajaran menulis adalah bagaimana membuat mahasiswa memiliki kompetensi yang cukup dalam upaya menghasilkan keterampilan menulis secara baik dalam diri mahasiswa, Namun proses pembelajaran menulis esai bahasa Inggris tidak semudah yang diharapkan selama ini. Mahasiswa masih mengalami banyak kesulitan membuat tulisan esai, hal ini menyebabkan kualitas isi tulisan esai bahasa Inggris mereka tidak maksimal. Padahal diketahui bahwa dalam mahasiswa seharusnya mampu bereaksi secara kritis Ketika membaca suatu teks esai yang disajikan baik pada website, koran, majalah, ataupun buku. Apalagi kondisi saat ini, proses pembelajaran dilakukan secara daring membutuhkan usaha yang sangat keras bagi dosen dibandingkan dengan pembelajaran secara luring agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif sedangkan untuk teknik pengumpulan data di lakukan dengan langkah observasi, tes dan dokumentasi, maka hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Dari hasil uraian data statistik deskriptif diketahui bahwa nilai rata-rata mahasiswa yang belajar menulis esai bahasa Inggris yang menggunakan strategi metakognitif memiliki nilai rata-rata sebesar 81,5 lebih tinggi dari mahasiswa yang belajar dengan strategi kognitif. Perbedaan tersebut cukup besar yaitu sebesar 7.5. Dari hasil analisis hasil belajar mahasiswa diketahui juga bahwa kualitas tulisan esai mahasiswa Teknik Informatika juga mengalami peningkatan dari berbagai aspek kriteria tulisan yang baik. Jadi, baik strategi kognitif dan metakognitif meningkatkan kualitas kinerja menulis mahasiswa, strategi menulis yang tepat membantu penulis untuk menjadi lebih otonom dan membantu mereka untuk mempersepsikan, menilai, dan meningkatkan pembelajaran dan menulis mereka dengan lebih baik.Kata kunci:Strategi pembelajaran, Kemampuan berpikir, Keterampilan menulis esai inggris
Availability
2022019620tia | LT/sin TIA 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
LT/sin TIA 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
20 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
LT/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available