Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Sistem Pendampingan Uji Profisiensi Sertifikasi Kompetensi Bidang Informatika Berbasis Ubiquitous Learning / Rangga Firdaus
Perkembangan teknologi saat ini berdampak pada tumbuhnya pembukaan Program Studi Informatika yang berartibanyaknya varisasi kurikulum sehingga membuat gapkompetensi yang dibutuhkan pengguna lulusan semakin tinggi karena kompetensi lulusan kurang relevan dengan kebutuhan industri. Saat ini fasilitas dan sumber daya dalam mengelola pembelajaran open content, khususnya berupa pengakuan keahlian dalam kompetensi pengetahuan industri masih terbatas. Sehingga dapat dimanfaatkan Sistem Bantuan Uji Kecakapan Kompetensi bidang Informatika Berbasis Ubiquitous Learning sebagai salah satu alternatif solusi pembelajaran saat ini selain itu juga dapat mendukung pelaksanaan program “Kampus Mandiri Belajar Mandiri” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah Pengembangan sistem Pendampingan Uji Profisiensi Bidang Informatika berbasis Ubiquitous Learningjuga mengembangkan sebuah inovasi pembelajaran terbuka (Open Educational)berbasis Ubiquitous Learning.Sistem ini berfungsi sebagai aggregator atau sebagai wadah untuk menjembatani dan memfasilitasi antara penyelenggara pendidikan dengan bidang industri yang diwakili oleh asosiasi profesi untuk menyediakan konten terbuka, open courseware dan membuka layanan pendidikan untuk institusi dalam dan luar negeri, termasuk mahasiswa internal dan eksternal serta masyarakat Indonesia. komunitas pada umumnya.Penelitian ini adalah penelitianResearh and Development(R&D)yangmenghasilkan model konseptual, model prosedural dan model fisik. Salah satu produk yang dihasilkan adalah sebuah sistempendampinganbelajar yang diberi nama UProf atau Produk Uji Profisiensidapat diakses dialamat www.uprof.idyang bersifat terbuka dan dapat digunakan kapan saja, dimana saja oleh siapa saja dan terkoneksi dengan asosiasi profesiuntuk penyedia konten pembelajaran. Bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan indiktor pembelajaran. Keefektifitasan hasil produk ini menjadi salah satu rekomendasi bagi pengambil kebijakan ditingkat nasional terutama di Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia dan juga kepada pimpinan Program Perguruan Tinggiuntuk bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan bidang asosiasi profesi selaku bidang industri, serta menjadi salah satu alternatif pembelajaran terbuka dalam menyikapi implementasi “Kampus Merdeka Merdeka Belajar” di Indonesia.
Kata kunci : Reseach and Development, Sertifikasi Kompetensi, Sistem Pendampingan, Ubiquitous Learning, Uji Profisiensi
Availability
2022019706ran | TP/sin RAN 2021 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin RAN 2021
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
50 hlm : ilus. ; 21 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available