Record Detail
Advanced SearchText
Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berbasis Modifikasi Permainan Tradisional Lombok untuk Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar/ Edi Kurniawan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kefektifan modelpembelajaran kebugaran jasmani berbasismodifikasipermainan tradisional Lombok untuk siswa kelas atas Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi dari teori Borg and Gall 10 tahapan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kebugaran jasmani Indonesia sedangkan teknik analis data menggunakan metode quasi experient desain. Subjek penelitan ini berjumlah 180 siswa kelas atas yang terdiri dari kelompok kontrol (n=90) dan kelompok eksperimen (n=90). Hasil dari penelitian menunjukkan output Independent Samples Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Maka model pembelajaran kebugaran jasmani berbasis permainan tradisional Lombok siswa sekolah dasar kelas atas memiliki pengaruh yang signifikan, sedangkan untuk menguji kefektifan penerapan model pembelejaran menggunakan dengan menghitung skor N-Gain, dengan nilai rata-rata kelompok kontrol 9.08%, tidak efektif sedangankan kelompok eksperimen 51.9 % cukup efektif. Selain itu, penelitianinimenghasilkan produk model pembelajaran kebugaran jasmani berbasis modifikasi permainan tradisional Lombok pada siswa sekolah dasar kelas atas yang terdiri dari 37 item model pembelajaran. Dari 37 item model latihan yang sudah di validasi oleh 3 ahli yaitu ahli Pembelajaran kebugaran jasmani, permainan tradisional, dan media pembelajaran. Kesimpulan model pembelajaran kebugaran jasmani berbasis modifikasi permainan tradisional Lombok terdapat pengaruh signifiakan dan efektif dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas atas SD dan menghasilkan 37 produk item model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan tradsional Lombok pada siswa kelas atas sekolah dasar.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kebugaran Jasmani, Permainan Tradisional Lombok,siswa kelas sekolah dasar
Availability
2022019709edi | PENJAS/sin EDI 2022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PENJAS/sin EDI 2022
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
41 hlm. : ilus. ; 21 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PENJAS/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available