No image available for this title

Text

Pengembangan Mata Pelajaran Sosiologi dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Jakarta / Dias Yuditia Pribadi



Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Mata Pelajaran Sosiologi Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Jakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pengembang Instruksional (MPI). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN1 Jakarta dengan Subjek Penelitian yaitu siswa kelas XI IPS. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, intrument test berupa soal pretest dan postest, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari uji pakar yang terdiri dari ahli materi, media dan desain instruksional dapat dinyatakan bahwa Rancangan pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi dengan Pendekatan Model Pembelajaran berbasis masalah layak untuk digunakan. Hasil Uji efektifitas dengan membandingkan skor nilai sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran sosiologi dengan pendekatan PBL, terdapat terdapat perbedaan yang signifikan antara Skor pretest dan postest menunjukan rancangan pembelajaran sosiologi dengan pendekatan Pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didikKata Kunci : Sosiologi, rancangan Pembelajaran, Model Pengembangan Instruksional


Availability

T0796TP/ts T0796Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0796
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xi, 130 hlm. :ilus :29.5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this