No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Membaca Kolaboratif dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Inggris : Penelitian eksperimen di SMAN 71 di Jakarta Timur/ Leroy Holman Siahaan



enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi membaca kolaboratif dan gaya kognitif terhadap kemampuan siswa dalam memahami bacaan berbahasa Inggris. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen desain faktorial ANOVA 2 x 2 pada siswa kelas kelas XI Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMA Negeri 71 II Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes pemahaman memahami bacaan berupa pilihan ganda dan tes gaya kognitif Group Embedded Figures Test. Analisis data menggunakan teknik analisis varians (Anava) dua jalur dengan uji F dengan taraf signifikansi 0,05. Temuan penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan strategi membaca kolaboratif Moda Daring dan Moda Luring; 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mempunyai gaya kognitif Field Independent dan siswa yang mempunyai gaya kognitif Field Dependent; 3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi Membaca kolaboratif dan gaya kognitif terhadap kemampuan memahami bacaan; 4) terdapat perbedaan kemampuan memahami bacaan pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent antara kelompok siswa yang mengikut pembelajaran dengan strategi kolaboratif membaca moda daring dan luring; 5) siswa pada kelompok gaya kognitif field dependent yang diajar dengan strategi membaca kolaboratif Moda Daring lebih rendah daripada Moda Luring; 6) kemampuan memahami bacaan siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi dibandingkan dengan field dependent dengan pembelajaran strategi kolaboratif membaca moda daring; dan 7) siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih rendah dibandingkan dengan field dependent dengan pembelajaran strategi kolaboratif membaca moda luring


Availability

2023019823siaLT/sin SIA 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin SIA 2023
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
29 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this