No image available for this title

Text

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Proses Menggunakan Flipbook: Penelitian Pengembangan Bahan Ajar di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Jakarta/ Maguna Eliastuti



Karya tulis ilmiah merupakan salah satu keterampilan menulis yang harus
dikembangkan dan dikuasai oleh mahasiswa. Namun, kenyataan masih ditemukan
kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Kesulitan yang
dihadapi mahasiswa tersebut sangat beragam, di antaranya adalah sulit memahami
materi yang disajikan oleh dosen, buku-buku yang digunakan tidak relevan,
pembejaran disajikan dengan cara yang tidak menarik dan membosankan.
Sementara itu, dosen harus bisa menghadirkan sebuah pembelajaran yang menarik
dan menyenangkan, salah satunya adalah penggunaan bahan ajar yang relevan.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis
karya ilmiah yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen dan
membangkitkan minat belajar mahasiswa yang berupa bahan ajar menulis karya
ilmiah dengan pendekatan proses menggunakan Flipbook. Untuk mencapai tujuan
penelitian tersebut metode penelitian dan pengembangan digunakan dalam
penelitian ini dengan mengadaptasi model 4-D yang dicetuskan oleh
Thiangharajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang terdiri dari empat tahap
pengembangan, yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Data penelitian ini
diperoleh melalui angket skala likert untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa dan
dosen terhadap bahan ajar menulis karya ilmiah, persepsi dosen dan mahasiswa dan
tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Hasil uji pakar, persepsi dosen,
dan persepsi mahasiswa menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan
berdasarkan kebutuhan mahasiswa dan dosen terbukti berada pada kategori
“Bagus” sehingga layak untuk digunakan. Kemudian, hasil pengujian efektifitas
menggunakan paired sample t-test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar menulis pada data Pretest dan data Posttest. Dengan demikian,
penggunaan treatment, berupa penggunaan pendekatan proses menggunakan
flipbook, untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah
bahasa Indonesia mahasiswa sangat efektif.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Flipbook, Menulis Karya Ilmiah, Pendekatan Proses


Availability

D0834LT/ds D0834Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0834
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxv, 364 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this