No image available for this title

Text

Peningkatan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Melalui Video Animasi pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Tanjung Lombok Utara./ Afifaturrahmi



Bencana alam sering terjadi di Indonesia, disebabkan letak geografis Indonesia
di antara lempeng tektonik dunia. Salah satu daerah rawan bencana adalah Lombok.
Bencana alam mengakibatkan korban jiwa, luka-luka, dan trauma, terutama anak-anak
yang merupakan salah satu kelompok rentan yang paling beresiko terkena dampak
bencana. Kerentanan tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan anak terkait siaga
bencana gempa bumi. Kurangnya pengetahuan anak mengenai siaga bencana gempa
bumi menjadi salah satu masalah yang perlu segera diatasi dan diberikan solusi. Salah
satunya dengan meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan anak melalui pembelajaran
siaga bencana menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran di Sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana
gempa bumi anak TK B Negeri Pembina Tanjung. Lebih spesifiknya tujuan penelitian
sebagai berikut; (1) mendeskripsikan penggunaan video animasi untuk meningkatkan
pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi anak TK Negeri Pembina Tanjung; (2)
mendeskripsikan peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi melalui
video animasi pada anak TK Negeri Pembina Tanjung. Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas dengan desain model penelitian Kemmis & Mc Taggart.
Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Negeri Pembina Tanjung.
Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Instrumen penelitian yang digunakan merupakan modifikasi dari instrument yang
sudah ada dan telah divalidasi oleh ahli. Analisis data menggunakan analisis data
kualitatif dan kuantitatif. Observasi awal menunjukkan pengetahuan kesiapsiagaan
bencana gempa bumi anak secara kalsikal masih rendah sebesar 29,16 % meningkat
pada siklus I dengan persentase keberhasilan kelas sebesar 66,66% dan meningkat
kembali pada siklus II dengan persentase keberhasilan kelas sebesar 83,33 %. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan dilihat dari perolehan
skor pengetahuan kesiapsiagaan sebelum tindakan dan setelah tindakan di siklus I
maupun siklus II yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal. Penggunaan
video animasi dalam pembelajaran siaga bencana dapat meningkatkan pengetahuan
kesiapsiagaan bencana gempa bumi anak.
Kata kunci: Pengetahuan Kesiapsiagaan, Gempa Bumi, Video animasi.


Availability

T0830PAUD/ts T0830Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0830
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xii, 175 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this