No image available for this title

Text

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Scientific Inquiry dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar/ USWATUN HASANAH



Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan keterampilan abad 21 yang dapat diintegrasikan ke dalam setiap pembelajaran. Namun keterampilan ini sulit diinternalisasikan pada muatan materi yang abstrak, salah satunya pada materi IPA kelas V Sekolah Dasar. Multimedia interaktif dapat dijadikan solusi untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Konsep interaktivitas dan aktivitas belajar yang dirancang pada multimedia dapat menciptakan pembelajaran lebih efektif dan memungkinkan siswa untuk mengasimilasi informasi yang disampaikan bukan menghafalnya. Multimedia interaktif berbasis scientific inquiry merupakan inovasi media pembelajaran dalam dunia pendidikan untuk memperjelas suatu konsep sehingga dapat menstimulus keterampilan berpikir dan bernalar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis scientific inquiry dan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan yang dipilih secara simple random sampling. Penelitian ini merupakan research and development dengan menggunakan model Dick and Carey dan model Diana Lee and Owens. Hasil penelitian dari validasi ahli baik aspek materi, media, Bahasa, dan pembelajaran menunjukkan bahwa multimedia interaktif IPA berbasis scientific inquiry ini valid digunakan. Pada tahap evaluasi perorangan dan evaluasi kelompok kecil menunjukkan respon siswa terhadap multimedia interaktif ini sebesar 96,325% dan 96,925% termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun hasil uji efektifitas dengan melibatkan 127 siswa menggunakan desain pretest-postest menunjukkan bahwa multimedia interaktif IPA berbasis scientific inquiry efektif dan praktis terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Kelas V Sekolah Dasar. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Uji N-Gain Score dan Independent Sample t-Test. Dengan demikian adanya multimedia interaktif IPA dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulus siswa dalam bernalar dan berpikir kritis serta memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, scientific inquiry, berpikir kritis


Availability

D0837PD/ds D0837Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D0837
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xix, 315 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this