No image available for this title

Text

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Berpikir terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Bahasa Inggris (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Riau)/ Franscy



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dan gaya berpikir terhadap keterampilan menulis argumentasi bahasa Inggris. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial ANOVA 2 x 2, pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester III, Universitas Riau, Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen menulis argumentasi dan tes berbentuk kuesioner tertutup untuk mengetahui kecenderungan gaya berpikir mahasiswa, apakah divergen atau konvergen. Analisis data menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan uji F dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis argumentasi bahasa Inggris mahasiswa secara signifikan (nilai rata-rata learning community > inquiry); 2) terdapat pengaruh gaya berpikir mahasiswa terhadap keterampilan menulis argumentasi bahasa Inggris secara signifikan (nilai rata-rata gaya berpikir divergen > konvergen); 3) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dan gaya berpikir terhadap keterampilan menulis argumentasi bahasa Inggris. Karena terdapat pengaruh interaksi, selanjutkan uji post hoc dilakukan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antarsel menggunakan Tuckey Test dan menunjukan bahwa; 4) mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan diajar menggunakan teknik learning community memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar dengan teknik inquiry; 5) mahasiswa yang memiliki gaya berpikir konvergen dan diajar menggunakan teknik learning community memperoleh skor lebih rendah dibandingkan dengan yang diajar dengan teknik inquiry; 6) mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan diajar menggunakan teknik learning community memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki gaya berpikir konvergen; 7) mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan diajar menggunakan teknik inquiry, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang memiliki gaya berpikir konvergen. Simpulan dari penelitian ini, penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada kegiatan menulis argumentasi bahasa Inggris harus mempertimbangkan gaya berpikir mahasiswa. Luaran dari disertasi ini meliputi; 1) diseminasi pada seminar international; 2) publikasi artikel international; 3) buku ber-ISBN; dan 4) HaKi.


Availability

D0836LT/ds D0836Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0836
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvii, 262 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this