No image available for this title

Text

Manajemen Program Akselerasi Belajar Anak Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CIBI) di SMP Al Azhar Syifa Budi Legenda/ Widi Astuti



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen program
akselerasi belajar bagi anak Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CIBI) di SMP Al
Azhar Syifa Budi Legenda. Manajemen program Cerdas Istimewa Bakat Istimewa
(CIBI) terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan program akselerasi
belajar di SMP Al Azhar Syifa Budi Legenda. Program akselerasi belajar
dilaksanakan pada kelas khusus dalam waktu yang lebih singkat satu tahun dari
kelas reguler. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan
metode studi kasus. Dari hasil penelitian ditemukan pada perencanaan program
akselerasi di SMP Al Azhar Syifa Budi Legenda terdapat tahapan yang dilakukan
oleh pihak sekolah diantaranya tujuan penyelenggaraan yaitu melayani anak yang
berkebutuhan khusus yaitu CIBI, pengajuan proposal izin penyelenggaraan
program percepatan belajar, tes penjaringan berupa tes akademik dan tes psikologi
dan tes intelejensi, hasil belajar siswa dari kelas 4 SD serta hasil deskripsi siswa
dari wali kelas/ guru bidang studi serta pengumuman hasil seleksi siswa
akselerasi. Pada pelaksanaan program akselerasi belajar ditemukan tahapan
pelaksanaan yaitu ruang kelas khusus, kurikulum berdiferensiasi, strategi
pembelajaran yang menekankan kemampuan berpikir kritis, pemberian materi
yang bersifat High Order Thinking Skill (HOTS) dan Project based Learning
(PBL), tenaga pendidik yang kompeten, waktu dan biaya yang lebih efisien, pada
penilaian tidak hanya nilai ujian saja tetapi ada penilaian sistem kredit poin. Pada
pengawasan program akselerasi belajar di SMP Al Azhar Syifa Budi Legenda
dilakukan tiga pengawasan yaitu pengawasan melekat, pengawasan fungsional
dan pengawasan masyarakat. Pengawasan melekat dilakukan oleh kepala SMP Al
Azhar Syifa Budi Legenda, Pengawasan fungsional dilakukan oleh dinas
pendidikan kabupaten Bekasi dan pengawasan masyarakat dilakukan oleh komite
sekolah sebagai wakil dari wali murid. Pada pengawasan fungsional masih ada
kekurangan yaitu dinas pendidikan belum memberikan pelatihan, pembinaan
terkait dengan program akselerasi.
Kata Kunci: Manajemen, Program Akselerasi, Cerdas Istimewa Bakat Istimewa
(CIBI)


Availability

T0833MP/ts T0833Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ts T0833
Publisher Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xviii, 244 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this