No image available for this title

Text

Model Pembelajaran Membaca Interaktif Berbasis Tugas Melalui Flipped Classroom : Penelitian pengembangan di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta/ Risa Mufliharsi



Model pembelajaran membaca versi terbaru dibutuhkan oleh mahasiswa dan
dosen untuk menunjang keterampilan berbahasa Inggris mahasiswa dalam
berkomunikasi dan mengakses informasi khususnya selama pandemi (Covid-19)
dan pascapandemi. Adanya penutupan sumber informasi, tidak meratanya akses
selama pembelajaran membaca daring, dan jarak sosial selama masa karantina
mempengaruhi pemerolehan keterampilan mahasiswa selama pembelajaran
daring. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model
pembelajaran membaca interaktif untuk memfasilitasi dan melibatkan peran
mahasiswa membaca dalam konteks sinkronous dan asinkronous. Penelitian ini
telah dilakukan di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta sejak November
2019. Model pembelajaran ini dikembangkan berbasis tugas melalui flipped
classroom dengan metode research and development yang diadaptasi dari model
Dick and Carey. Model ini dikembangkan melalui empat tahap yaitu analisis
kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan model, dan evaluasi. Analisis
kebutuhan mahasiswa dan dosen dikumpulkan melalui telaah dokumen, angket
dosen dan mahasiswa, wawancara dosen, dan observasi. Model tersebut lalu
dirumuskan pada tahap desain. Kemudian, kelayakan model diuji oleh pakar dan
diujicoba satu-satu, kelompok kecil, dan kelompok besar mahasiswa. Tahap
pengembangan model BIANS terdiri dari building on students’ prior knowledge,
interaction, assessing student’s processes, dan sharing yang diintegrasikan pada
Moodle sebagai platform. Model ini memfasilitasi sumber belajar daring,
pembelajaran daring, dan kelas virtual jarak jauh di sebuah platform. Model Bians
sudah teruji memiliki efektivitas yang tinggi pada skor N-Gain 0,78. Hal ini
menunjukkan bahwa model Bians terbukti dapat meningkatkan keterampilan
membaca mahasiswa secara lisan dan tertulis.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Membaca, Membaca Interaktif, Pembelajaran
Berbasis Tugas


Availability

D0840LT/ds D0840Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable but not for loan - Repair

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0840
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xxi, 353 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this