No image available for this title

Text

Pemasaran Pendidikan Tinggi: Studi Multi Situs pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) di Jawa Tengah : STAB Negeri Raden Wijaya dan STIAB Smaratungga / WIDIA DARMA



Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan strategi pemasaran pendidikan tinggi
keagamaan Buddha pada dua situs penelitian; STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri dan
STIAB Smaratungga. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan
metode studi kasus multi situs. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan
teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
konsep yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Pengujian
keabsahan data melalui triangulasi sumber data dan triangulasi Teknik. Hasil Penelitian ini;
1) STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri dan STIAB Smaratungga pemetaan yang
dilakukan masih dalam gambaran besar belum melakukan pemetaan pelanggan secara
terukur, sistematis dan terencana baik dalam bentuk data kuantitatif ataupun kualitatif. 2)
STAB Negeri Raden Wijaya melakukan strategi pemasaran dengan melakukan berbagai
pendekatan seperti; memasang baliho, datang langsung ke pelanggan bertemu dengan
pelanggan, menyebar brosur dan bekerjasama dengan berbagai stakeholder, serta
melakukan pemasaran dengan menggunakan media digital seperti melalui media sosial dan
website. Demikian halnya dengan STIAB Smaratungga, namun STIAB Smaratungga
memiliki keunikan strategi pemasaran dengan melalui pendekatan keagamaan khususnya
adalah peran penting dari figur anggota Sangha. 3) Strategi pemasaran yang efektif yang
dilakukan oleh kedua PTKB pada situs penelitian yaitu; pada STAB Negeri Raden Wijaya
adalah pemasaran dengan datang langsung bertemu dengan pelanggan atau calon
mahasiswa serta melalui media digital. Pada STIAB Smaratungga pemasaran yang efektif
yaitu pemasaran dengan peran figur anggota sangha yang memiliki pengaruh besar di
masyarakat Buddha serta program beasiswa dan sekolah yang di bangun oleh para anggota
Sangha dan mitra dari STIAB Smaratungga, selain itu pemasaran melalui media digital
juga dirasa cukup efektif. 4) Terkait dengan permasalahan dan tantangan pemasaran di
STAB Negeri Raden Wijaya permasalahan internal terkait alokasi anggaran untuk promosi
yang belum maksimal, kemudian di STIAB Smaratungga yang menjadi permasalahan
internal adalah terbatasnya SDM dalam melakukan pemasaran, kemudian kedua perguruan
tinggi tersebut memiliki tantangan dalam pemasaran pendidikan tinggi antara lain
persaingan antar PTKB, kondisi sosial ekonomi masyarakat Buddha dan paradigma
berpikir masyarakat Buddha terkait dengan manfaat dan keberadaaan PTKB.
Kata Kunci: Pemasaran pendidikan tinggi, strategi pemasaran, pemetaan
pelanggan, efektivitas pemasaran pendidika


Availability

D0839MP/ds D0839Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds D0839
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xx, 402 hln. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this