No image available for this title

Text

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Scientific Inquiry dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa kelas V Sekolah Dasar



Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan keterampilan abad 21
yang dapat diintegrasikan ke dalam setiap pembelajaran. Namun keterampilan ini
sulit diinternalisasikan pada muatan materi yang abstrak, salah satunya pada materi
IPA kelas V Sekolah Dasar. Multimedia interaktif dapat dijadikan solusi untuk
menstimulus keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Konsep
interaktivitas dan aktivitas belajar yang dirancang pada multimedia dapat
menciptakan pembelajaran lebih efektif dan memungkinkan siswa untuk
mengasimilasi informasi yang disampaikan bukan menghafalnya. Multimedia
interaktif berbasis scientific inquiry merupakan inovasi media pembelajaran dalam
dunia pendidikan untuk memperjelas suatu konsep sehingga dapat menstimulus
keterampilan berpikir dan bernalar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan
menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis scientific inquiry dan
keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan yang dipilih secara
simple random sampling. Penelitian ini merupakan research and development
dengan menggunakan model Dick and Carey dan model Diana Lee and Owens.
Hasil penelitian dari validasi ahli baik aspek materi, media, Bahasa, dan
pembelajaran menunjukkan bahwa multimedia interaktif IPA berbasis scientific
inquiry ini valid digunakan. Pada tahap evaluasi perorangan dan evaluasi kelompok
kecil menunjukkan respon siswa terhadap multimedia interaktif ini sebesar
96,325% dan 96,925% termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun hasil uji
efektifitas dengan melibatkan 127 siswa menggunakan desain pretest-postest
menunjukkan bahwa multimedia interaktif IPA berbasis scientific inquiry efektif
dan praktis terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Uji N-Gain Score
dan Independent Sample t-Test. Dengan demikian adanya multimedia interaktif IPA
dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulus siswa dalam
bernalar dan berpikir kritis serta memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran.
Kata Kunci : Multimedia Interaktif, scientific inquiry, berpikir kritis


Availability

2023019945uswPD/sin USW 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin USW 2023
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
30 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this