No image available for this title

Text

Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Akademik Bahasa Arab Berbasis Otonomi Belajar: Penelitian Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka/ Ari Khairurrijal Fahmi



Menulis akademik bagi mahasiswa membutuhkan kemandirian belajar dan ketahanmalangan. Kemandirian dan ketahanmalangan tersebut perlu dikemas dalam sebuah model pembelajaran menulis akademik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran menulis akademik bahasa Arab dalam ranah pengembangan paragraf untuk membuat pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan berbasis otonomi belajar. Desain penelitian ini adalah penelitian gabungan dengan bentuk Convergent Parallel Mixed Methode dengan menggabungkan penelitian dalam bentuk survey, analisis isi, dan eksperimen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui 7 (tujuh) instrumen, yaitu 1) instrumen analisis kebutuhan, 2) instrumen analisis situasi, 3) instrumen pemetaan kemampuan awal mahasiswa, 4) instrumen gaya belajar, 5) instrumen peer review, 6) instrumen telaah pakar, 7) instrumen uji efektivitas. Data yang di dapat dalam bentuk hasil survey, dokumen, hasil wawancara, nilai mahasiswa, hasil telaah pakar, dan hasil uji efektivitas. Data-data tersebut dielaborasikan dengan teknik analisis data sesuai dengan masing-masing instrumen. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran menulis akademik bahasa Arab berbasis otonomi belajar dengan dilengkapi 4 (empat) produk, yaitu Rencana Pembelajaran Semester, modul pembelajaran, video pembelajaran, dan Learning Management System. Model pembelajaran ini telah diujicobakan di tiga program studi pendidikan bahasa Arab dari 2 perguruan tinggi swasta yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA serta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan 1 perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Negeri Jakarta. Ujicoba di tiga program studi tersebut mendapatkan hasil bahwa model pembelajaran berbasis otonomi belajar efektif untuk pembelajaran menulis akademik bahasa Arab. Uji efektivitas dibuktikan dengan perbedaan nilai rerata hasil pre test dan post test yang signifikan. Berdasarkan hasil uji T Diperoleh hasil sebesar 0.000 (p < 0.05). Hasil pretest dan posttes tersebut mengalami perubahan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menulis akademik bahasa Arab berbasis otonomi belajar yang diujicobakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UHAMKA, UNJ, dan UMSIDA efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis akademik bahasa Arab untuk mahasiswa.


Availability

D0851LT/ds D0851Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0851
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xviii, 282 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this