No image available for this title

Text

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEAM dan Keterampilan Berpikir terhadap Kesadaran Lingkungan Laut (Penelitian Mixed-Method pada Anak Kelas 2 Sekolah Dasar di Jawa Barat)./ Suharti



Konsep kesadaran lingkungan laut perlu ditanamkan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengaruh pendekatan pembelajara STEAM dan keterampilan berpikir terhadap kesadaran lingkungan laut pada anak kelas 2 sekolah dasar di Jawa Barat. Metode penelitian mengguakan mixed-method untuk memberikan gambaran yang lebih mendalam dan komprehensif. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu anak kelas 2 sekolah dasar di Kabupaten Cirebon yang merupakan wilayah Pesisir Utara Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji anava 2x3, analisis kualitatif menggunakan analisis matrix, dan integrasi data menggunakan skema Alan Bryman dengan lima justifikasi meliputi triangulasi , komplementaritas, pengembangan, inisiasi, dan ekspansi. Penelitian ini mengeksplorasi sebelas pertanyaan penelitian yang terdiri dari delapan pertanyaan penelitian kuantitatif dan tiga pertanyaan kualitatif. Pengujian hipotesis dilakukan terhadap delapan pertanyaan penelitian kuantitatif. Hasill penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penekatan pembelajaran STEAM dengan pendekatan pembelajaran saintifik; terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan pemecahan masalah dengan keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif; pendekatan pembelajaran STEAM dan keterampilan pemecahan masalah secara bersama-sama memilki pengaruh lebih baik dibandingkan dengan lainnya; kesadaran lingkungan laut pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM lebih baik daripada kesadaran lingkungan laut pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik; proses pendekatan pembelajaran STEAM dinilai positif oleh partisipan karena anak merasa senang mengikuti pembelajaran; dan pendekatan pembelajaran STEAM dinilai memiliki respon positif oleh partisipan. Implikasi dari penelitian ini, guru dapat mendesain pembelajaran yang berkualiatas untuk mempersiapkan anak-anak yang menghadapi tantangan global dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM, guru dapat mengimplementasikan pendekatan pembelajaran STEAM dan mengeksplorasi pendekatan pembelajaran STEAM dan kesadaran lingkungan laut pada anak usia dini yang lebih komprehensif yang melibatkan variabel lainnya, serta bagi orangtua dan guru, dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan secara mandiri sehingga anak terbiasa memecahkan masalah dari hal yang paling sederhana. Kata Kunci : pendekatan pembelajaran, STEAM, saintifik, keterampilan berpikir, kesadaran lingkungan laut.


Availability

D0860PAUD/ds D0860Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ds D0860
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
x, 400 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this