No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Diskrit Berbasis Multimedia Interaktif untuk Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika./ MUH. FAUZI



Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah menciptakan model pembelajaran yang relevan untuk mahasiswa program studi teknik informatika pada mata kuliah matematika diskrit. Metode penelitian ini tergolong penelitian pengembangan atau R&D. Adapun model pengembangan mengacu pada model pengembangan berbasis sistem dari Borg dan Gall yang merupakan pengembangan model dari Dick and Carey. Model yang dikembangkan merupakan model yang berorientasi pada model pembelajaran orang dewasa, sehingga dalam strategi pembelajaran yang digunakan adalah flipped classroom, yang mana mahasiswa harus belajar secara mandiri sebelum bertemu dengan dosen atau Dosen. Pengembangan model yang dilakukan melalui 10 tahap yang meliputi : 1. Research and Information Collecting 2. Identifying goals 3. Conducting instructional analysis 4. Identifying entry behaviors and learner characteristics 5. Writing performance objective 6. Developing criterion- referenced test items 7. Developing instructional strategy 8. Developing and selecting instructional materials 9. Designing and conducting the formative evaluation of instruction 10. Production. Proses pengembangan yaitu kegiatan menyusun dan merancang setiap kebutuhan dalam pembelajaran, dan yang terakhir d). Melakukan evaluasi formatif. Hasil evaluasi formatif menunjukkan bahwa model yang dikembangkan telah layak untuk semua aspek yaitu aspek materi yang dikembangkan, aspek desain insturksional yang dirumuskan, aspek multimedia interaktif yang dikembangkan dan aspek tata bahasa yang digunakan. memenuhi klasifikasi sangat baik sebesar 79,17% dan 20,83% baik dengan tingkatan ketuntasan sebesar 95,83% . Hasil uji independent t-test menghasilkan nilai perbandingan yang signifikan dan rata-rata skor nilai N-Gain berada pada kategori sedang dan tinggi.


Availability

D0879TP/ds D0879Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0879
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 310 hlm. : ilus. ;29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this