No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Diskrit Berbasis Multimedia Interaktif untuk Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika /Muh. Fauzi



Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah menciptakan model
pembelajaran yang relevan untuk mahasiswa program studi teknik informatika pada
mata kuliah matematika diskrit. Metode penelitian ini tergolong penelitian
pengembangan atau R&D. Adapun model pengembangan mengacu pada model
pengembangan berbasis sistem dari Borg dan Gall yang merupakan pengembangan
model dari Dick and Carey. Model yang dikembangkan merupakan model yang
berorientasi pada model pembelajaran orang dewasa, sehingga dalam strategi
pembelajaran yang digunakan adalah flipped classroom, yang mana mahasiswa
harus belajar secara mandiri sebelum bertemu dengan dosen atau Dosen.
Pengembangan model yang dilakukan melalui 10 tahap yang meliputi : 1. Research
and Information Collecting 2. Identifying goals 3. Conducting instructional
analysis 4. Identifying entry behaviors and learner characteristics 5. Writing
performance objective 6. Developing criterion- referenced test items 7. Developing
instructional strategy 8. Developing and selecting instructional materials 9.
Designing and conducting the formative evaluation of instruction 10. Production.
Proses pengembangan yaitu kegiatan menyusun dan merancang setiap kebutuhan
dalam pembelajaran, dan yang terakhir d). Melakukan evaluasi formatif. Hasil
evaluasi formatif menunjukkan bahwa model yang dikembangkan telah layak untuk
semua aspek yaitu aspek materi yang dikembangkan, aspek desain insturksional
yang dirumuskan, aspek multimedia interaktif yang dikembangkan dan aspek tata
bahasa yang digunakan. memenuhi klasifikasi sangat baik sebesar 79,17% dan
20,83% baik dengan tingkatan ketuntasan sebesar 95,83% . Hasil uji independent
t-test menghasilkan nilai perbandingan yang signifikan dan rata-rata skor nilai NGain berada pada kategori sedang dan tinggi.
Kata Kunci : Pengembangan Model Pembelajaran, Matematika diskrit


Availability

2023019958muhTP/sin MUH 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin MUH 2023
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
29 hlm. :ilus ;21,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this