Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning (Rotation Model Vs Flex Model) dan Personality terhadap Pengetahuan Siswa tentang Konsep Dasar Ekologi : Sebuah eksperimen terhadap siswa kelas X SMA Negeri 5 Depok/ R. Sinta Dewi Sekarwati
Pengetahuan tentang konsep dasar Ekologi merupakan pengetahuan yang
dibutuhkan dalam menjalankan pembangunan dan mengatasi kerusakan
lingkungan, pemanasan global, perubahan iklim, peredupan global, dan penurunan
keanekaragaman hayati yang dapat muncul saat pembangunan dilaksanakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh Blended Learning
(Rotation Model vs Flex Model) dan Personality terhadap pengetahuan siswa
tentang konsep dasar Ekologi. Metode eksperimen menggunakan disain faktorial
2x2, melibatkan 90 siswa SMA. Instrumen personality yang dikembangkan dengan
reliabilitas 0,971 dan 33 butir soal tes pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan
siswa (reliabilitas 0,966). Data dianalisis dengan ANAVA dua jalan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara
strategi pembelajaran Blended Learning terhadap pengetahuan siswa, tetapi
personality siswa berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan siswa tentang
konsep dasar Ekologi. Bagi siswa dengan personality sangat akurat, pengetahuan
siswa tentang konsep dasar Ekologi lebih tinggi bila diajar dengan strategi
pembelajaran Blended Learning Rotation Model dibandingkan dengan strategi
pembelajaran Blended Learning Flex Model tidak signifikan. Bagi siswa dengan
personality sangat tidak akurat, pengetahuan siswa tentang konsep dasar Ekologi
lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran Blended Learning Flex Model
dibandingkan dengan strategi pembelajaran Blended Learning Rotation Model
tidak signifikan. Sedangkan, pengaruh interaksi strategi dan personality dalam
mempengaruhi pengetahuan siswa juga tidak signifikan. Oleh karena itu, tidak
dapat dibuktikan bahwa Blended Learning efektif dalam mempengaruhi
pengetahuan siswa yang bergantung pada personality, meskipun generasi Z
bercirikan literasi digital, namun dari kasus ini, tidak dapat dinilai bahwa
pembelajaran tentang konsep dasar Ekologi yang menggunakan TIK.
Kata Kunci: Penelitian Eksperimental, Blended Learning, Kepribadian, Generasi
Z, ANOVA Dua Jalan
Availability
2023019968sek | PL/sin SEK 2023 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PL/sin SEK 2023
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
19 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PL/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available