No image available for this title

Text

Pengaruh Kepribadian dan Pengetahuan tentang Isu-Isu Lingkungan terhadap Perilaku Bertanggung Jawab Lingkungan/ Meitiyani



Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepribadian dan pengetahuan
tentang isu-isu lingkungan terhadap perilaku bertanggungjawab lingkungan siswa.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode expost
facto dengan desain 2x2 factorial.Penelitian ini melibatkan 101 responden siswa kelas X.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan periaku bertanggung jawab antara
siswa-siswa yang memiliki kepribadian akurat dibandingkan dengan mereka yang
memiliki kepribadian tidak akurat. Temuan ini membuktikan bahwa kepribadian siswa
berpengaruh terhadap perilaku bertanggungjawab lingkungan siswa. Terdapat perbedaan
perilaku bertanggungjawab lingkungan antara kelompok siswa yang memiliki
pengetahuan tentang isu-isu lingkungan tinggi dengan siswa berpengetahuan rendah,
namun temuan ini terjadi secara by chance (kebetulan), sehingga pengaruhnya pada saat
ini dapat diabaikan. Terdapat pengaruh interaksi antara kepribadian siswa dan
pengetahuan siswa tentang isu-isu lingkungan terhadap perilkau bertanggungjawab
lingkungan siswa, namun pengaruhnya juga karena kebetulan), sehingga pengaruhnya
pada saat ini dapat diabaikan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa perilaku
bertanggungjawab lingkungan siswa dipengaruhi oleh kepribadian mereka tanpa perlu
memperhatikan tingkat pengetahuan siswa tentang isu-isu lingkungan, yang memang
terbukti pengetahuan tentang isu-isu lingkungan memiliki pengaruh secara kebetulan
terhadap perilaku bertanggungjawab siswa. Sehingga dalam implikasi temuan-temuan
penelitian tersebut, faktor kepribadian hendaknya memperoleh pertimbangan utama
ketika berbicara tentang perilaku bertanggungjawab siswa, khususnya dalam partisipasi
siswa memberikan kontribusi tercapainya SDGs secara masif.
Kata kunci: perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan, kepribadian, pengetahuan
tentang isu-isu lingkungan


Availability

2023019973meiPL/sin MEI 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PL/sin MEI 2023
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xii, 154 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PL/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this