No image available for this title

Text

Pembentukan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar : Studi fenomenologi pada siswa SD Negeri Pasir Putih 2, SD. Negeri Bedahan 1, dan SD HFO Sawangan di Kecamatan Sawangan



Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana proses pembentukan
karakter siswa dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar pada masa dan
pasca (transisi) pandemi covid-19; menemukan strategi pembelajaran matematika
yang digunakan dalam upaya pembentukan karakter siswa dimasa dan pasca
(transisi) pandemi covid-19; menemukan faktor apa saja yang mendukung dalam
implementasi strategi pembelajaran matematika yang digunakan dalam upaya
pembentukan karakter siswa dimasa dan pasca (transisi) pandemi covid-19; dan
menemukan faktor penghambat proses pembentukan karakter dalam pembelajaran
matematika dimasa dan pasca (transisi) pandemi covid-19. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dihimpun
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan
teknik analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema.
Subjek penelitian terdiri atas siswa, guru matematika dan orang tua siswa di SD
Negeri Bedahan 1, SD Negeri Pasir Putih 2 dan SD Holy Faithful Obedient. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa yang terbentuk melalui pembelajaran
matematika secara daring saat pandemi covid-19 khususnya karakter jujur, disiplin
dan tanggungjawab masih kurang efisien karena keterbatasan sarana yang digunakan
dalam pembelajaran daring seperti handphone (HP) yang digunakan secara
bergantian bersama orang tua, internet/jaringan yang kurang maksimal dan
keterbatasan guru untuk mengajar dan mendidik anak karena tidak dapat berhadapan
langsung dengan siswa. Proses pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran
matematika secara daring dilakukan melalui 1)Peran Guru; 2) Peran orang tua; dan
3) Peran siswa. Strategi belajar yang digunakan guru antara lain: 1) Pembiasaan
untuk bersikap jujur, disiplin pada aturan dan bertanggung jawab atas tugas yang
diberikan; 2)Keteladanan sikap guru; 3) kerja sama dengan orang tua dalam bentuk
pemberian pemahaman kepada orang tua dan juga kepada siswa mengenai
konsekuensi yang akan dialami anak jika anak bersikap sesuai aturan. Faktor yang
mendukung strategi pembentukan karakter dalam belajar matematika secara daring
yaitu: 1) Visi dan misi sekolah 2)Sikap guru yang patut diteladani dan konsisten
dalam perkataan dan tindakan; 3) kerjasama guru dengan orang tua dalam
pendampingan pada anak dan pemahaman orang tua mengenai karakter yang akan
ditanamkan dalam diri siswa; dan 4) kesadaran dari dalam diri siswa untuk belajar
dan bertanggung jawab akan tugas yang diberikan oleh guru. Sementara faktor
penghambat proses pembentukan karakter dalam pembelajaran matematika secara
daring yaitu; 1) ketidaksiapan guru untuk mengajar daring; 2) penguasaan teknologi;
3)Sikap orang tua yang lebih mementingkan nilai kognitif anak daripada nilai afektif.
Kata Kunci: pembelajaran matematika, pembentukan karakter, siswa Sekolah
Dasar.


Availability

2023019979deyPD/sin DEY 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin DEY 2023
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
32 hlm. :ilus ;20cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this