Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pendekatan Content and Language Integrated Learning / Sakirah
Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran bahasa Arab beserta
produk pendukung pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Content
and Language Integrated Learning (CLIL). Mendeskripsikan pengelolaan
pembelajaran guru, dan aktivitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs
Ibadurrahman Tenggarong Seberang, Kutaikartanegara Kalimantan Timur. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Pendekatan penelitian ini adalah metode
campuran dengan penelitian dan Pengembangan (R&D). Penelitian ini mengadaptasi
model Dick and Carrey. Model pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan telah
melalui evaluasi formatif one to one by experts, one to one by leaners, small group
dan field trial. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Hasil
uji efektivitas pada skor N-Gain yang diperoleh sebesar 0,61 dalam persentasenya
sebesar 61% yang masuk dalam kategori cukup efektif menunjukkan bahwa ada
peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa, rata-rata skor pre-test siswa 68,
1 dan post-test 86, 3, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 18,2 Untuk itu
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan
keterampilan berbicara siswa dan model efektif digunakan.
Kata kunci: pengembangan model pembelajaran, bahasa Arab, pendekatan content
and language integrated learning (CLIL)
Availability
2023019936sak | TP/sin SAK 2023 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin SAK 2023
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
36 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available