No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Pemrograman Web Berbasis Computer-Based Learning Tutorial./ Muhammad Multazam



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pemrograman
web berbasis computer-based learning tutorial yang layak dan efektif. Metode yang
digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development/R&D) dengan model desain pembelajaran mengikuti tahap-tahap
model Dick and Carey yang dikombinasikan dengan model desain pembelajaran
Hannafin and Peck. Model pembelajaran yang dihasilkan yaitu pembelajaran
pemrograman web berbasis computer-based learning tutorial dengan 6 tahapan
(sintaks) yaitu pendahuluan, penyajian informasi, pertanyaan dan respon, penilaian
respon, umpan balik dan remidial, dan penutup. Model pembelajaran yang
dihasilkan memiliki 4 bagian yaitu sintaks, prinsip reaksi, sistem sosial dan sistem
pendukung pembelajaran. Sistem pendukung pembelajaran yang dihasilkan berupa
modul perkuliahan pemrograman web, aplikasi sistem informasi pembelajaran
tutorial online (SIPTO), panduan pengajar, dan buku model pembelajaran
pemrograman web berbasis computer-based learning tutorial. Kelayakan model
dilihat dari hasil penilaian pakar pada evaluasi formatif menghasilkan rata-rata skor
4,68 (sangat baik) dan penilaian mahasiswa rata-rata skor 4,63 (sangat baik).
Efektivitas model pembelajaran dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata
mahasiswa antara pre test dan post test sebesar 49 dari rata-rata 44 menjadi 93, dan
tingkat ketuntasan mencapai 100%. Efektivitas pelaksanaan pembelajaran juga
dihitung berdasarkan nilai N-gain dengan kenaikan rata-rata pre test dan post tes
sebesar 0,86 yang berarti efektivitas tinggi. Uji signifikasi menggunakan uji t
memberikan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar
mahasiswa sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran yang
dikembangkan.
Kata Kunci: model pembelajaran, pemrograman web, R&D, computer-based
learning tutorial


Availability

D0894TP/ds D0894Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0894
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxix, 603 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this