No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Menggunakan Modul Berbasis Metode Pemberian Tugas Terstruktur



Tujuan penelitian ini mengembangkan model pembelajaran kalkulus menggunakan modul berbasis metode pemberian tugas terstruktur.Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan yang dilegitimasi oleh Borg & Gall yaitu Steps of Systems Approach Model of Educational Research and Development yang diadaptasi dari langkahlangkah desain pembelajaran Dick and Carry dengan mengimplementasikan Structure Task in Direct Learning (Strudel) pada fase ke-6. Strudel memiliki langkah-langkah di dalam pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas 7 fase dan pada fase ke 6 memiliki tahapan-tahapan sebanyak 6 fase tugas terstruktur. Adanya prinsip-prinsip reaksi tenaga pendidik pada setiap fase dan interaksi antar peserta didik yang menciptakan sistem sosial Strudel. Sistem pendukung Strudel berupa modulcetak dan non-cetak serta Learning Management System yang diberi nama aplikasi kalkulusku.com sebagai wadah peserta didik dan tenaga pendidik untuk mengunggah, mengunduh, diskusi dan chatting tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Hasil evaluasi formatif yang melibatkan berbagai pakar dan peserta didik menunjukan bahwa produk yang dihasilkan layak untuk digunakan. Rerata nilai pretest yang diperoleh peserta didik 65.45 dan posttest 87.66 sehingga peningkatan rerata skor yang didapatkan peserta didik 22.21. Efektivitas model pembelajaran yang dikembangkan mencapai nilai minimal sangat baik (80) sebesar 100%. Hasil uji signifikansi menggunakan uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Peningkatan (N-gain) hasil belajar peserta sebesar 60.44% yang memiliki arti bahwa penerapan metode pembelajaran cukup efektif. Berdasarkan kelayakan dan efektivitas yang diperoleh selama penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran


Availability

2023020026andTP/sin AND 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin AND 2023
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
42 hlm. :ilus;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this