No image available for this title

Text

Pengaruh Budaya Organisasi dan Loyalitas (Trisila TNI AL) terhadap Kinerja Karyawan dengan Mediasi Pelayanan Bermutu pada Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) DR. Ramelan/ Radito Soesanto



Tujuan penelitian ini adalah mengkaji, menganalisis, mengembangkan dan
menemukan pengaruh budaya organisasi, loyalitas (trisila TNI AL) dan pelayanan
bermutu terhadap kinerja karyawan di rumah sakit, menggunakan metode survei.
Sampel penelitian adalah 345 karyawan RSPAL dr. Ramelan yang dipilih dalam
proportional stratified random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode eksplanatif. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM)
dengan menggunakan software AMOS ver. 24.00 untuk menguji validitas,
reliabilitas alat ukur serta uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan:
(1) Budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja karyawan, (2)
Loyalitas (trisila TNI AL) berpengaruh langsung positif terhadap kinerja karyawan,
(3) Pelayanan bermutu berpengaruh langsung positif terhadap kinerja karyawan, (4)
Budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap pelayanan bermutu, (5)
Loyalitas (trisila TNI AL) berpengaruh langsung positif terhadap pelayanan
bermutu, (6) Terdapat pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap kinerja
karyawan melalui pelayanan bermutu namun tidak signifikan, dan (7) Terdapat
pengaruh tidak langsung loyalitas (trisila TNI AL) terhadap kinerja karyawan
melalui pelayanan bermutu namun tidak signifikan. Hasil penelitian ini
menggambarkan pentingnya faktor budaya organisasi dan aspek loyalitas (trisila
TNI AL) serta pelayanan bermutu terhadap upaya peningkatan kinerja karyawan.
Novelty pada penelitian ini yaitu pengaruh total tertinggi yaitu pada variabel
Loyalitas (Trisila TNI AL) terhadap Kinerja Karyawan dengan koefisien total
sebesar 0,188.
Kata kunci: Budaya Organisasi, Loyalitas (Trisila TNI AL), Pelayanan Bermutu,
Kinerja Karyawan


Availability

2023020040radIM/sin RAD 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
IM/sin RAD 2023
Publisher Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
48 hlm.:ilus ;20 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this