No image available for this title

Text

Pengembangan Model Buku Teks Digital pada Mata Kuliah Media Pembelajaran untuk Pendidikan Guru di Indonesia



Penelitian sebelumnya kurang memperhatikan pengembangan bahan ajar
media pembelajaran sehingga mahasiswa telah mempersepsikan desain buku
ajar yang tersedia kurang praktis dan materinya kurang aplikatif dan kurang
aktual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model
buku ajar berbasis teknologi mobile yang komprehensif dan aktual agar efektif
dan praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
menggunakan dan membuat media pembelajaran.
Metode penelitian ini menerapkan desain penelitian dan pengembangan
Dick and Carey. Hasil penelitian ini telah menghasilkan sebuah model buku teks
digital pada mata kuliah media pembelajaran yang memiliki kebaruan dari aspek
materi, format media, dan fitur interaksinya. Sintak model pembelajaran yang
dikembangkan pada model buku teks digital ini terdiri dari lima tahapan, yaitu:
pengenalan materi sebelum tatap muka, pendalaman materi melalui diskusi
kelas, praktik membuat produk, peer review dengan disertai revisi proyek, dan
peningkatan pemahaman menggunakan kuis interaktif. Model fisikal buku teks
digital yang dikembangkan pada penelitian ini mengandung 9 kelompok materi
media pembelajaran, 30 video tutorial, 10 kuis interaktif, dan telah diterbitkan
dengan ISBN dalam format aplikasi Android, Google Play Book dan PDF.
Hasil uji kelayakan model buku teks digital media pembelajaran
menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diberikan oleh enam validator ahli telah
mencapai kategori sangat baik, yaitu 4.50 untuk aspek kebermanfaatan dan
penyajian, 4.56 untuk aspek tampilan, dan 4.53 untuk aspek bahasa. Hasil uji
efektifitas model buku teks digital media pembelajaran melalui uji coba satusatu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa
nilai rata-rata n-gain yang diperoleh telah mencapai kategori tinggi dan
persentasenya berada pada kategori efektif dan cukup efektif, yaitu 83%, 74%,
dan 74%. Hasil uji kepraktisan model buku teks digital media pembelajaran
menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki respons yang sangat baik terhadap
kepraktisan model ini dengan nilai rata-rata 4.26 untuk aspek kebermanfaatan,
dan 4.33 untuk aspek kemudahan dan kepuasan. Selain itu, hasil penelitian ini
juga membahas beberapa manfaat dan tantangan penggunaan model buku teks
digital media pembelajaran. Temuan penelitian ini merekomendasikan langkahlangkah pengembangan dan penggunaan model pembelajaran buku teks digital
media pembelajaran sebagai solusi alternatif untuk peningkatan kemampuan
mahasiswa dalam menggunakan dan membuat media pembelajaran.
Kata kunci: model buku teks digital, media pembelajaran, pengembangan buku
teks digital, penilaian buku teks digital


Availability

2023020059hamPD/sin HAM 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/sin HAM 2023
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 280 hlm.: ilus.; 29,6 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this