No image available for this title

Text

Pengembangan Model Buku Teks Digital pada Mata Kuliah Media Pembelajaran untuk Pendidikan Guru di Indonesia/ HAMDAN HUSEIN BATUBARA



Penelitian sebelumnya kurang memperhatikan pengembangan bahan ajar
media pembelajaran sehingga mahasiswa telah mempersepsikan desain buku ajar
yang tersedia kurang praktis dan materinya kurang aplikatif dan kurang aktual. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model buku ajar berbasis
teknologi mobile yang komprehensif dan aktual agar efektif dan praktis digunakan
untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan dan membuat media
pembelajaran.
Metode penelitian ini menerapkan desain penelitian dan pengembangan
Dick and Carey. Hasil penelitian ini telah menghasilkan sebuah model buku teks
digital pada mata kuliah media pembelajaran yang memiliki kebaruan dari aspek
materi, format media, dan fitur interaksinya. Sintak model pembelajaran yang
dikembangkan pada model buku teks digital ini terdiri dari lima tahapan, yaitu:
pengenalan materi sebelum tatap muka, pendalaman materi melalui diskusi kelas,
praktik membuat produk, peer review dengan disertai revisi proyek, dan
peningkatan pemahaman menggunakan kuis interaktif. Model fisikal buku teks
digital yang dikembangkan pada penelitian ini mengandung 9 kelompok materi
media pembelajaran, 30 video tutorial, 10 kuis interaktif, dan telah diterbitkan
dengan ISBN dalam format aplikasi Android, Google Play Book dan PDF.
Hasil uji kelayakan model buku teks digital media pembelajaran
menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diberikan oleh enam validator ahli telah
mencapai kategori sangat baik, yaitu 4.50 untuk aspek kebermanfaatan dan
penyajian, 4.56 untuk aspek tampilan, dan 4.53 untuk aspek bahasa. Hasil uji
keefektifan model buku teks digital media pembelajaran melalui uji coba satu-satu,
uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa nilai
rata-rata n-gain yang diperoleh telah mencapai kategori tinggi dan persentasenya
berada pada kategori efektif dan cukup efektif, yaitu 83%, 74%, dan 74%. Hasil uji
kepraktisan model buku teks digital media pembelajaran menunjukkan bahwa
mahasiswa memiliki respons yang sangat baik terhadap kepraktisan model ini
dengan nilai rata-rata 4.26 untuk aspek kebermanfaatan, dan 4.33 untuk aspek
kemudahan dan kepuasan. Selain itu, hasil penelitian ini juga membahas beberapa
manfaat dan tantangan penggunaan model buku teks digital media pembelajaran.
Temuan penelitian ini merekomendasikan langkah-langkah pengembangan dan
penggunaan model pembelajaran buku teks digital media pembelajaran sebagai
solusi alternatif untuk peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan
dan membuat media pembelajaran.
Kata kunci: model buku teks digital, media pembelajaran, pengembangan buku
teks digital, penilaian buku teks digital.


Availability

D0907PD/ds D0907Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D0907
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 280 hlm. :ilus ;29,5cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this