No image available for this title

Text

Pengaruh Latihan dan Motivasi Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri Dawai Distrik Yapen Timur Serui Papua/ HEPPY HEIN WAINGGAI



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara latihan tari Yosim
Pancar (YP) dan latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) serta motivasi terhadap hasil
kebugaran jasmani. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri Dawai Distrik
Yapen Timur Serui Papua. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2 dengan
sampel terdiri dari 96 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur
(ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α =
0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan rerata keseluruhan hasil kebugaran jasmani pada
perlakukan tari YP (r= 15,97; SD =5,15) dan latihan SKJ (r = 14,60; SD =4,18). Nilai
kebugaran jasmani dengan pemberian latihan tari YP pada siswa yang memiliki motivasi
tinggi memiliki rerata (r = 17,54; SD =5,03) dan motivasi rendah (r = 14,7; SD =4,06).
Sedangkan kebugaran jasmani dengan pemberian latihan SKJ pada siswa yang memiliki
motivasi tinggi memiliki rerata (r = 14,70; SD =4,06) dan motivasi rendah (r = 14,51;
SD =4,29). Dapat disimpulkan bahwa selain terdapat interaksi antara dua latihan yang
ada, pemberian latihan tari YP bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi memberikan
pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan latihan SKJ terhadap hasil kebugaran
jasmani siswa.
Kata kunci : Tari yosim pancar, senam kebugaran jasmani, motivasi, kebugaran jasman


Availability

D0994PENJAS/ds HEP 2021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/ds HEP 2021
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
x, 255 hlm. :ilus ;30 hlm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this