No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek: penelitian eksperimen pada siswa kelas VII MTs Ibnu Taimiyah Bogor, Jawa Barat



Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh strategi pembelajaran dan gaya
kognitif terhadap keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek. Metode penelitian ini
adalah eksperimen rancangan faktorial 2x2 (ANOVA dua jalur) dengan α = 0.05.
Penelitian dilakukan di MTs Ibnu Taimiyah, Bogor, Jawa Barat pada Juli sampai dengan
Desember 2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dengan sampel sejumlah 80
siswa. Kemudian sampel dibagi ke dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol menggunakan multistage random sampling. Kelas eksperimen diajar
menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan
strategi pembelajaran ekspositori. Satu kelas terdiri dari 40 siswa, 20 siswa bergaya
kognitif field independent dan 20 siswa bergaya kognitif field dependent. Data
dikumpulkan menggunakan dua instrumen yaitu (1) tes keterampilan menulis cerita
pendek dan (2) general embedded figures test (GEFT). Data penelitian yang diperoleh
dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur dan uji Tukey. Hasil analisis data
menunjukkan: 1) keterampilan menulis cerita pendek kelompok siswa yang mendapatkan
Strategi Pembelajaran Inkuiri lebih tinggi daripada kelompok siswa yang mendapatkan
Strategi Pembelajaran Ekspositori, 2) keterampilan menulis cerita pendek siswa yang
memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi dari siswa yang memiliki gaya
kognitif field dependent, 3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan
gaya kognitif terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa, 4) keterampilan
menulis cerita pendek kelompok siswa bergaya kognitif field independent yang diajar
dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri lebih tinggi daripada kelompok siswa bergaya
kognitif field independent yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori, dan 5)
keterampilan menulis cerita pendek kelompok siswa yang bergaya kognitif field
dependent yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri lebih rendah daripada
kelompok siswa yang bergaya kognitif field dependent yang diajar dengan Strategi
Pembelajaran Ekspositori.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis Cerita Pendek, Strategi Pembelajaran Inkuiri,
Strategi Pembelajaran Ekspositori, Gaya Kognitif, Field Independent/Dependent


Availability

2023002043tatLT/sin TAT 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin TAT 2023
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
42 hlm.:ilus ;21, 5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this