No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning (Point Counter Point, Concept Mapping) dan Self Confidence terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris: Penelitian eksperimen pada mahasiswa semester IV Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Banten Jaya



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif
dengan Metode Point Counter Point, Metode Concept Mapping dan Kepercayaan Diri
Mahasiswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa semester IV Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Banten
Jaya. Penelitian ini dilaksanakan selama satu semester dimulai dari bulan Februari sampai Juni
2018. Metode eksperimen diterapkan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan
melalui tes dan angket. Kemudian, data dianalisis menggunakan uji ANOVA dua arah. Dari
analisis data diketahui bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif
dengan Metode Point Counter Point dan Concept Mapping terhadap keterampilan berbicara
mahasiswa, 2) Ada pengaruh yang signifikan dari Percaya Diri terhadap keterampilan berbicara
bahasa Inggris mahasiswa, 3). Ada pengaruh interaksi antara Model Pembelajaran Kooperatif
dengan Metode Point Counter Point, Concept Mapping dan Kepercayaan Diri Mahasiswa
terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa. Karena ada pengaruh interaksi maka
dilakukan uji Post Hoc untuk mengetahui perbedaan pengaruh antar sel menggunakan uji
Scheffe dan didapatkan bahwa 4) Mahasiswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi diajar dengan
Metode Point Counter Point mendapat nilai lebih tinggi daripada yang diajarkan
menggunakan Metode Concept Mapping. Deskripsi hasil dari keterampilan berbicara Bahasa
inggris dengan menggunakan model pembelajaran concept mapping dan point counter point.
Diperoleh nilai rata-rata (mean) untuk model pembelajaran coperatif learning concept
mapping yang menggunakan kelas self Confidence sebesar 7,46, standar deviasi 1,894 dan
jumlah mahasiswa sebanyak 56. Sedangkan yang memiliki self confidencenya rendah
diperoleh nilai rata-rata 7,56, standar deviasi 1,264 dan jumlah mahasiswa sebanyak 50.
Model pembelajaran coperatif learning point counter point untuk kelas yang memiliki self
confidence tinggi sebesar 16,41, standar deviasi 1,487 dan jumlah mahasiswa sebanyak 56.
Sedangkan u n t u k k e l a s yang memiliki self confidence rendah diperoleh nilai rata-rata
13,74, standar deviasi 1,853 dan jumlah mahasiswa sebanyak 50. Luaran yang di hasilkan
berupa (1) Publikasi pada jurnal Internasional “The Asian EFL Journal (Published) Vol. 23 Issue
No. 3.2 May 2019. (2). Publikasi pada 4
th International Conference on Computer, Engineering,
and Technology (ICComSet) masih di reviewe.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Self Confidence Keterampilan


Availability

2023020163idaLT/sin IDA 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin IDA 2023
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
46 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this