No image available for this title

Text

Evaluasi Program Layanan Mediasi di KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia)/ Rakhmad Parulian



Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program layanan mediasi di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Penelitian ini fokus pada divisi layanan mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi yang digunakan adalah disperency evaluation model (DEM), dimana peneliti menganalisis data sesuai dengan tahapan DEM yaitu, desain, instalasi, proses dan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, diskusi, diskusi kelompok data pendukung internal KPAl dan data yang masuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub fokus penelitian yang memiliki tingkat ketidaksesuaian yang rendah dan cukup rendah menunjukkan bahwa desain instalasi program sudah baik. Sedangkan subfokus dengan ketidaksesuaian yang cukup tinggi dan tinggi menggambarkan bahwa program pengabdian masyarakat dan mediasi sengketa pelanggaran hak anak di KPAI perlu ditingkatkan secara khusus. Hasil evaluasi ini dapat disimpulkan sebagai berikut: rancangan program pengabdian masyarakat dan mediasi, sengketa anak di KPAI sudah baik. Hal ini tergambar dari rendahnya tingkat kesenjangan. Dasar hukum pelaksanaan program berupa peraturan perundang-undangan, peraturan presiden, peraturan menteri dan peraturan KPAI telah terpenuhi. Instalasi program layanan ini sudah baik. Ini diilustrasikan dari tingkat ketidaksesuaian yang cukup rendah. Pengabdian masyarakat dan mediasi di KPAl sudah berjalan dengan baik. Proses pelaksanaan program layanan mediasi di masyarakat tergambar dari tingkat ketimpangan yang cukup tinggi, ketersediaan struktur organisasi di KPAl belum efektif meningkatkan kualitas layanan dan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam struktur tersebut tidak berjalan dengan baik. Produk pelaksanaan jasa mediasi di KPAl tidak berjalan dengan baik, hal ini tergambar dari tingkat ketimpangan yang cukup tinggi, akses layanan yang belum terwujud dan jumlah pengguna jasa yang terus menurun. Rekomendasi : Program ini dilakukan terus jika program ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kata kunci : evaluasi program layanan mediasi di KPAI


Availability

2023020447parIM/sin PAR 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
IM/sin PAR 2022
Publisher Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
41 hlm. :ilus :21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
IM/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this