No image available for this title

Text

Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Dasar di DKI Jakarta/HERMANTO



Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis secara mendalam tentang komponen Context mencakup analisis kebutuhan terhadap program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), regulasi program, dukungan lingkungan, dan tujuan program. Komponen Input mencakup sumber daya manusia yang mendukung program, sarana prasarana, dan anggaran dana pelaksanaan program. Komponen Process mencakup pelaksanaan program PPK berbasis kelas, PPK berbasis budaya sekolah, dan PPK berbasis masyarakat, monitoring pelaksanaan program, dan hambatan yang dijumpai. Komponen Product mencakup pencapaian hasil lima nilai-nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter. Pendekatan penelitian ini adalah Mixed Methods (Campuran) dengan metode evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar DKI Jakarta khususnya di SDN Menteng 01 dan SDN Menteng 02 di Jakarta Pusat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada komponen Context yaitu pihak kepala sekolah, guru, dan peserta didik telah memahami program PPK, adanya dukungan lingkungan dari komite sekolah, wali murid, pihak kepolisian dan alumni dalam pelaksanaan program di sekolah. Tujuan program untuk menumbuhkan jiwa Pancasila pada siswa. Komponen Input yaitu Sumber Daya Manusia atau guru sangat berperan dalam pelaksanaan program, sarana prasarana sangat mendukung pelaksanaan program, anggaran dana bersumber dari pemerintah pusat (APBN) yang turun setiap satu tahun satu kali. Komponen Process yaitu pelaksanaan program PPK berbasis kelas sudah cukup baik dan guru mengintegrasikan nilai karakter pada desain pembelajaran, sekolah mengembangkan kapasitas guru secara berkelanjutan pada pelatihan dan workshop. Pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah sudah berjalan dengan baik melalui pembiasaan 5S, penguatan nilai karakter toleransi, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Pelaksanaan PPK berbasis masyarakat bahwa kedua sekolah bekerja sama dengan elemen masyarakat seperti tokoh masyarakat, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), komunitas, lembaga informasi, dan media serta alumni dalam mensukseskan program PPK. Sekolah melakukan monitoring pelaksanaan PPK dalam pembelajaran secara langsung dan melalui jurnal guru, serta CCTV yang merekam kegiatan siswa. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan program hanya terjadi saat waktu bentrok dengan kegiatan yang lain namun tetap dapat dijalankan oleh guru. Komponen Product yaitu pencapaian lima nilai utama penguatan pendidikan karakter peserta didik kelas VI SDN Menteng 01 masuk kategori sangat baik dengan nilai rata-rata angket yang diperoleh 83,1% dan SDN Menteng 02 mendapatkan hasil sangat baik dengan rata-rata angket sebesar 81,8% keduanya menunjukkan kategori sangat baik dalam pencapaian lima nilai utama program. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan sikap dan perilaku pada peserta didik di sekolah


Availability

D1104PD/ds D1104Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D1104
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 272 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this