No image available for this title

Text

Pembangunan Model Sistem Informasi Manajemen Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School,Parung Bogor/ Subaiki Ikhwan



Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membangun sistem informasi manajemen peserta didik di lembaga pendidikan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor. Lembaga Pendidikan ini didirikan tahun 1998 oleh Sayyiduna Syekh Habib Saggaf bin Mahdi beserta istri Umi Waheeda yang terdiri dari jenis pendidikan formal dengan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Tinggi. Serta dari jenis pendidikan non formal yaitu Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development melalui sistem System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall. Pengembangan ini dilakukan oleh bagian divisi pengembangan di bawah bagian administrasi umum Yayasan yang didasarkan hasil analisis kebutuhan dari pengguna yaitu; pengurus sekolah, wali kelas, guru dan orang tua. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dalam pengembangan sistem informasi penelitian ini mengunakan model waterfall dengan tahapan: (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) implementasi, (4) pengujian model dan (5) pemeliharaan. Temuan penelitian menunjukan bahwa manajemen peserta didik meliputi tahapan pertama: perencanaan peserta didik meliputi: (1) tahap analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan ruang kelas, asrama dan rasio guru; (2) tahap penerimaan; (3) tahap pemetaan berdasarkan kemampuan membaca Al-Quran, membaca kitab kuning dan praktek ibadah; (4) tahap orientasi melalui pengenalan tradisi dan budaya pesantren; (5) tahap penempatan berdasarkan asrama, kelas umum dan kelas diniyyah; (6) tahap administrasi dan pelaporan. Kedua: pembinaan peserta didik meliputi pembinaan: (1) kedisiplinan, (2) kemandirian, (3) akademik dan (4) ekstrakurikuler. Ketiga: pelayanan peserta didik meliputi pelayanan: (1) bimbingan konseling, (2) asrama, (3) kesehatan, (4) koperasi, (5) kemananan, (6) tahfidz dan (7) logistik. Hasil dari pengembangan sistem ini adalah baik setelah melalui uji dari aspek performance efficiency, usability, security, reliability dan portability.


Availability

D1114MP/ds D1114Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds D1114
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 286 hlm.:ilus ;30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this