Record Detail
Advanced SearchText
Pembangunan Model Sistem Informasi Manajemen Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School,Parung Bogor/ Subaiki Ikhwan
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membangun sistem informasi manajemen peserta didik di lembaga pendidikan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor. Lembaga Pendidikan ini didirikan tahun 1998 oleh Sayyiduna Syekh Habib Saggaf bin Mahdi beserta istri Umi Waheeda yang terdiri dari jenis pendidikan formal dengan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Tinggi. Serta dari jenis pendidikan non formal yaitu Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development melalui sistem System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall. Pengembangan ini dilakukan oleh bagian divisi pengembangan di bawah bagian administrasi umum Yayasan yang didasarkan hasil analisis kebutuhan dari pengguna yaitu; pengurus sekolah, wali kelas, guru dan orang tua. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dalam pengembangan sistem informasi penelitian ini mengunakan model waterfall dengan tahapan: (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) implementasi, (4) pengujian model dan (5) pemeliharaan. Temuan penelitian menunjukan bahwa manajemen peserta didik meliputi tahapan pertama: perencanaan peserta didik meliputi: (1) tahap analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan ruang kelas, asrama dan rasio guru; (2) tahap penerimaan; (3) tahap pemetaan berdasarkan kemampuan membaca Al-Quran, membaca kitab kuning dan praktek ibadah; (4) tahap orientasi melalui pengenalan tradisi dan budaya pesantren; (5) tahap penempatan berdasarkan asrama, kelas umum dan kelas diniyyah; (6) tahap administrasi dan pelaporan. Kedua: pembinaan peserta didik meliputi pembinaan: (1) kedisiplinan, (2) kemandirian, (3) akademik dan (4) ekstrakurikuler. Ketiga: pelayanan peserta didik meliputi pelayanan: (1) bimbingan konseling, (2) asrama, (3) kesehatan, (4) koperasi, (5) kemananan, (6) tahfidz dan (7) logistik. Hasil dari pengembangan sistem ini adalah baik setelah melalui uji dari aspek performance efficiency, usability, security, reliability dan portability.
Availability
D1114 | MP/ds D1114 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ds D1114
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
xv, 286 hlm.:ilus ;30 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available