No image available for this title

Text

Model Bahan Ajar Kajian Puisi Berbasis Pendidikan Karakter: Penelitian pengembangan di STKIP Muhammadiyah Bogor/ RINA NURYANI



Isu yang sedang berkembang atas konsekuensi negatif dari globalisasi saat ini
adalah degradasi moral pada generasi muda. Perkembangan teknologi juga ikut
andil dalam penyimpangan karakter kejujuran akademik (“academic misconduct”).
Oleh sebab itu saat ini pendidikan karakter urgen untuk dilakukan termasuk di
lingkungan pendidikan tinggi. Ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan pada
berbagai mata kuliah. Integrasi pendidikan karakter ke dalam mata kuliah sastra
dapat dilakukan dengan cara memasukkan pendidikan karakter tersebut di dalam
kegiatan proses pembelajaran dan pada materi ajar. Lickona (2013)
memperkenalkan komponen nilai karakter di antaranya pengetahuan moral (moral
knowing), perasaan (moral feeling), dan perbuatan (moral action), ketiga komponen
ini dapat ditemukan dalam sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
bahan ajar kajian puisi berbasis pendidikan karakter. Metode yang digunakan
adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian
Pengembangan dilakukan dilakukan menggunakan langkah-langkah penelitian dan
pengembangan model (Gall et al., 2003). Dua data, kualitatif dan kuantitatif, dalam
penelitian diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan tes. Untuk melihat efektifitas
bahan ajar digunakan penghitungan menggunakan One-Group PreTest-PostTest
Design. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: 1) bahan ajar
dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen, 2) produk
bahan ajar dikembangan dengan mengadaptasi rancangan bahan ajar dengan
mengadaptasi model Hutshinson & Waters (1988) dengan empat unsur utama
dalam setiap unit dalam bahan ajar; input, inti, fokus kebahasaan, dan latihan/tugas,
3) hasil penghitungan pada keempat komponen bahan ajar memberikan nilai ratarata sebesar 4,5 yang menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap bahan ajar
kajian puisi berbasis pendidikan karakter berada pada kategori ‘Sangat Baik’, dan
5) hasil pengujian menggunakan paired sample t-test didapatkan nilai Sig. (2-tailed)
sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar kajian puisi
berbasis pendidikan karakter yang diberikan mampu meningkatkan kemampuan
mahasiswa dalam mengkaji puisi berdasarkan struktur fisik, batin, dan nilai-nilai
karakter. Pendidikan karakter dilakukan terintegrasi pada tahapan pendahuluan,
inti, dan penutup pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Kajian Puisi, Pendidikan Karakte


Availability

D1115LT/ds D1115Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D1115
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xx, 248 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this