No image available for this title

Text

Model Gerak Dasar Manipulatif Berbasis Play and Games untuk Anak Disabilitas Tunagrahita/ AKHMAD DIMYATI



ABSTRAK Masih terbatasnya pembelajaran penjas berbasis play and games untuk siswa dengan penyandang disabilitas menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak manipulative sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan gerak pada siswa. Jenis penelitian yang diadaptasi yaitu Research and Development (R&D). Subjek yang digunakan untuk uji skala kecil berjumlah 30 orang, uji skala besar sebanyak 60 orang sedangkan untuk uji efektivitas melibatkan 100 orang siswa disabilitas. Instrumen untuk uji penilaian produk menggunakan format validasi ahli dan instrument untuk uji efektivitas menggunakan Test of Gross Motor Development-Second Edition (TGMD-2), Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa untuk uji skala kecil para ahli memberikan penilaian bahwa produk masih kurang layak dengan persentase dari 51%-55%, uji skala besar para ahli memberikan penilaian bahwa produk layak dengan persentase dari 75%-84%. Sedangkan uji efektivitas menunjukan bahwa model Dim’s Manipulatif memiliki efektivitas yang signifikan untuk meningkatkan gerak dasar manipulative siswa disabilitas (p


Availability

D1116PENJAS/ds D1116Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/ds D1116
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 250 hlm. :ilus :29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this