Record Detail
Advanced SearchText
Model Gerak Dasar Manipulatif Berbasis Play and Games untuk Anak Disabilitas Tunagrahita/ AKHMAD DIMYATI
ABSTRAK Masih terbatasnya pembelajaran penjas berbasis play and games untuk siswa dengan penyandang disabilitas menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran gerak manipulative sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan gerak pada siswa. Jenis penelitian yang diadaptasi yaitu Research and Development (R&D). Subjek yang digunakan untuk uji skala kecil berjumlah 30 orang, uji skala besar sebanyak 60 orang sedangkan untuk uji efektivitas melibatkan 100 orang siswa disabilitas. Instrumen untuk uji penilaian produk menggunakan format validasi ahli dan instrument untuk uji efektivitas menggunakan Test of Gross Motor Development-Second Edition (TGMD-2), Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa untuk uji skala kecil para ahli memberikan penilaian bahwa produk masih kurang layak dengan persentase dari 51%-55%, uji skala besar para ahli memberikan penilaian bahwa produk layak dengan persentase dari 75%-84%. Sedangkan uji efektivitas menunjukan bahwa model Dim’s Manipulatif memiliki efektivitas yang signifikan untuk meningkatkan gerak dasar manipulative siswa disabilitas (p
Availability
D1116 | PENJAS/ds D1116 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PENJAS/ds D1116
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
xiv, 250 hlm. :ilus :29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PENJAS/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available