No image available for this title

Text

Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar/ Ia Dahlia Syahlan



Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa di abad 21 ini. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu muatan wajib yang ada di jenjang sekolah dasar, berperan untuk membentuk siswa sebagai warga negara yang mampu berpikir kritis, gemar berliterasi dan solutif menghadapi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan menerapkan model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari: (a) analisis; (b) desain; (c) pengembangan; (d) implementasi; dan (e) evaluasi. Persentase hasil validasi ahli media sebesar 93,75%, ahli bahasa sebesar 81,25%, validasi ahli materi IPS sebesar 94,64%, dan validasi ahli praktisi (guru) sebesar 92,50%. Hasil uji coba one to one sebesar 84,16%, uji small group sebesar 93,33%, dan uji large group sebesar 90%, sehingga e-modul berada pada kategori layak. Uji efektivitas dilakukan menggunakan desain one group pretest-posttest dengan prosedur tes t. Dari hasil tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,00


Availability

T0961PD/ts T0961Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0961
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Universitas Negeri Jakarta.,
Collation
xi, 63 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this