Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar/ Ia Dahlia Syahlan
Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa di abad 21 ini. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu muatan wajib yang ada di jenjang sekolah dasar, berperan untuk membentuk siswa sebagai warga negara yang mampu berpikir kritis, gemar berliterasi dan solutif menghadapi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan menerapkan model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari: (a) analisis; (b) desain; (c) pengembangan; (d) implementasi; dan (e) evaluasi. Persentase hasil validasi ahli media sebesar 93,75%, ahli bahasa sebesar 81,25%, validasi ahli materi IPS sebesar 94,64%, dan validasi ahli praktisi (guru) sebesar 92,50%. Hasil uji coba one to one sebesar 84,16%, uji small group sebesar 93,33%, dan uji large group sebesar 90%, sehingga e-modul berada pada kategori layak. Uji efektivitas dilakukan menggunakan desain one group pretest-posttest dengan prosedur tes t. Dari hasil tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,00
Availability
T0961 | PD/ts T0961 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0961
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Universitas Negeri Jakarta., 2023 |
Collation |
xi, 63 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available