Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Non Kognitif pada Pelajaran IPA SMP/ WIDHA NUR AGASTYA
Keterampilan non kognitif merupakan sikap dan keyakinan, kebiasaan dan proses,
serta sifat dan kepribadian. Keterampilan tersebut berhubungan dengan bidang pendidikan
(materi pokok maupun kompetensi yang digunakan) dan bidang sosial ekonomi. Tujuan
penelitian ini untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan non kognitif dan
menghasilkan paket instrumen siap pakai. Metode analisis yang digunakan adalah
Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan bantuan software MPlus, Rasch Partial Credit
Model (PCM), dan Rasch Rating Scale Model (RSM) dengan bantuan software Winsteps.
Tahapan penelitian mengikuti alur pengembangan Gable. Sampel yang digunakan terdiri
dari: 210 siswa untuk uji coba penelitian; dan 834 siswa untuk uji sampel besar. Sampel
tersebut melibatkan siswa dari beberapa SMPN di wilayah DKI Jakarta. Exploratory Factor
Analysis menghasilkan delapan faktor, yaitu: berpikir kritis, keterbukaan berpikir, akurasi,
ketekunan, kecermatan, kemampuan berinovasi, tanggung jawab, dan kepekaan. Hasil
Analisis Rasch menunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan non kognitif pada
pelajaran IPA mempunyai kategori sebagai berikut: a) domain sikap dan keyakinan
menghasilkan item dengan prosentase sebanyak 25% rata-rata persetujuan , 25% susah
disetujui, dan 50% mudah disetujui; b) domain kebiasaan dan proses menghasilkan item
dengan prosentase sebanyak 50% rata-rata persetujuan, 11% susah disetujui, dan 39%
mudah disetujui; c) domain sifat kepribadian menghasilkan item dengan prosentase
sebanyak 40% susah disetujui, dan 60% mudah disetujui. Analisis Rasch menghasilkan 31
item fit. Dengan demikian, hasil tersebut dapat digunakan sebagai rujukan untuk melakukan
penelitian tahap selanjutnya dengan jumlah responden yang lebih beragam. Instrumen
penilaian ini telah valid dan reliabel untuk digunakan sebagai alat ukur terhadap
keterampilan non kognitif siswa.
Kata Kunci: Keterampilan non kognitif, Exploratory Factor Analysis, Rasch Partial Credit
Model, Rasch Rating Scale Model, Alur pengembangan Gable
Availability
D1127 | PEP/ds D1127 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PEP/ds D1127
|
Publisher | Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
xvi, 217 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PEP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available