Record Detail
Advanced SearchText
Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Berbasis Permainan di Sekolah Dasar/ Feri Ariyanto
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan dan menguji model pembelajaran passing bawah permainan bola voli untuk peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan diadopsi dari teori Borg & Gall. Terdapat sepuluh langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, pembuatan produk awal, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk, uji efektivitas, revisi, dan produk akhir. Subjek penelitian dalam model pembelajaran passing bolavoli yaitu peserta didik sekolah dasar kelas atas yang berjumlah 20 subjek pada ujicoba kelompok kecil, ujicoba kelompok besar 40 peserta didik dan uji efektifitas 80 subjek yang dilakukan pada peserta didik SD Negeri 09 Kota Jambi, SD Negeri 02 Kota Jambi, SD Negeri 181 Kota Jambi dan SD Negeri 182 Kota Jambi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini untuk menguji efektvitas model yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan independent sample-test. Hasil penelitian menghasilkan produk berupa model pembelajaran pasiing bawa bola voli berbasis permainan di sekolah dasar yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli sebanyak 30 model. Implikasi penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis permainan layak dan efektif untuk digunakan peserta didik sekolah dasr kelas atas dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi passing bawah bola voli.
Availability
D1122 | PENJAS/ds D1122 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PENJAS/ds D1122
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
xviii, 259 hlm. :ilus ;30 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PENJAS/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available