Record Detail
Advanced SearchText
Perancangan Sistem Pembelajaran PENJASORKES Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Urang Banjar/ Arie Rakhman
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perancangan sistem
pembelajaran penjasorkes sekolah dasar berbasis kearifan lokal permainan tradisional
urang banjar. Metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R
and D) dari Borg and Gall yang dikombinasikan dengan model pengembangan Dick
and Carey. Dalam penelitian ini telah dilakukan evaluasi dengan para pakar materi,
design instruksional, dan media diperoleh kesimpulan bahwa panduan perancangan
sistem pembelajaran penjasorkes sekolah dasar berbasis kearifan lokal permainan
tradisional urang banjar dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 4,10. Uji coba
perorangan/ono-to-one dengan 3 orang guru dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata
4,45 diperoleh kesimpulan panduan perancangan sistem pembelajaran ini layak
digunakan, uji coba kelompok kecil/small group dengan 9 orang guru mendapat hasil
nilai rata-rata 4,54 berarti panduan perancangan sistem pembelajaran layak digunakan,
dan uji coba lapangan/Field Trial dengan 41 orang guru dihasilkan nilai rata-rata 4,21
sehingga, dapat disimpulkan bahwa panduan perancangan sistem pembelajaran
penjasorkes sekolah dasar berbasis kearifan lokal permainan tradisional urang banjar
dikategorikan tinggi. Hasil uji coba kemampuan guru penjasorkes dalam membuat
perancangan sistem pembelajaran penjasorkes sekolah dasar berbasis kearifan lokal
permainan tradisional urang banjar untuk uji coba perorangan dikategorikan tinggi, uji
coba kelompok kecil dikatergorikan tinggi, dan uji coba lapangan dikategorikan tinggi
sedangkan, kemampuan membuat dalam mengembangkan langkah pembelajaran pada
uji coba perorangan dikategorikan tinggi, uji coba kelompok kecil dikategorikan tinggi
dan uji coba lapangan dikategorikan tinggi. Dari hasil pengembangan panduan
perancangan sistem pembelajaran penjasorkes sekolah dasar berbasis kearifan lokal
permainan tradisional urang banjar dan penilaian terhadap kemampuan guru dalam
mengembangkan komponen perancangan pembelajaran dan langkah pembelajaran.
Dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem pembelajaran penjasorkes sekolah dasar
berbasis kearifan lokal permainan tradisional urang banjar dapat menjadi salah satu
solusi mengatasi permasalah guru dalam membuat perancangan pelaksanaan
pembelajaran penjasorkes sekolah dasar.
Kata Kunci: Perancangan pembelajaran, Permainan tradisional urang banjar,
Kearifan Lokal
Availability
D1128 | TP/ds D1128 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D1128
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
xiii, 257 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available