No image available for this title

Text

Analisis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Materi Energi dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing di Kelas IV Sekolah Dasar: SDN 003 Melak kota Kutai Barat Kalimantan Timur/ Dzuhrotul Ulumiyah



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi sains siswa melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi energi. Penelitian dilaksanakan di SDN 003 Melak Kutai Barat Kalimantan Timur pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan melibatkan 27 orang siswa kelas IV. Pembelajaran melalui pendekatan inkuiri dilaksanakan dengan tahapan orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus di Kelas IV dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, jurnal reflektif, tes literasi sains, dan catatan lapangan. Seluruh data diolah melalui proses reduksi data, penyajian data secara mendalam, penilaian tes literasi sains di akhir pembelajaran yang mencakup aspek ide ilmiah umum, karakteristik energi, sains dalam konteks energi, HOTS, dan aspek afektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : a) siswa mampu mencari solusi dari masalah yang telah ditentukan melalui berbagai sumber dan dapat menyimpulkannya, b) siswa merasa pembelajarannya mudah sehingga dapat menjawab soal yang diberikan, c) siswa mampu melihat relevansi pentingnya pengetahuan sains untuk menjelaskan fenomena yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada energi. Kemampuan intelektual yang menunjukkan perkembangan literasi sains siswa meningkat paling tinggi pada level “mulai berkembang” yaitu sebesar 39%. Sementara sebanyak 4% siswa berada pada tingkat 'tidak terlihat' perkembangan literasi sainsnya dikarenakan faktor-faktor keterbatasan kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa literasi sains siswa Kelas IV Sekolah Dasar mulai menunjukkan perkembangan. Kata kunci : Siswa Sekolah Dasar, Literasi sains, Pendekatan inkuiri terbimbing, Pembelajaran IPA, Energi This study aims to analyze students' scientific literacy through a guided inquiry approach on energy material


Availability

T0976PD/ts T0976Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0976
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
Xiv, 209 hlm.:ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this