No image available for this title

Text

Pemanfaatan Sumber Belajar Digital pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Depok/ Fazrinaldo



Sumber belajar digital merupakan inovasi dalam dunia pendidikan saat ini.
Dewasa ini pembelajaran sejarah kini dihadapkan memanfaatkan sumber belajar
digital di sekolah. Sumber belajar digital yang beragam dimanfaatkan oleh guru
dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, kendala, dan
dampak dari penggunaan sumber belajar digital dalam proses pembelajaran
sejarah siswa di SMA Negeri 5 Depok. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan cara
observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
sumber belajar digital memiliki manfaat, kelebihan, dan kekurangan dalam
pembelajaran sejarah. Sumber belajar digital dapat membantu guru dalam
menyampaikan materi sejarah dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun,
sumber belajar digital juga memiliki kendala dalam hal operasional, akses,
validitas, dan perkembangan. Sumber belajar digital tidak efektif dalam
pembelajaran sejarah jika tidak disertai dengan strategi pembelajaran yang tepat
dan keterlibatan siswa yang aktif. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi
guru sejarah untuk merancang strategi pembelajaran yang profesional dan kreatif
dalam memanfaatkan sumber belajar digital untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: Sumber belajar digital, pembelajaran sejarah, pemanfaata


Availability

T0977PS/ts T0977Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PS/ts T0977
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 149 hlm.:ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this