Record Detail
Advanced SearchText
Implementasi Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah dan SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara/ La Rama
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang 1) Implementasi
penilaian portofolio dalam pembelajaran sejarah, 2) Respon guru dan peserta
didik terhadap implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran sejarah dan
3) Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian portofolio dalam
pembelajaran sejarah.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah dan SMA
Negeri 2 Mawasangka Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan studi dokumen. Guru dan peserta didik sebagai
informan penelitian dengan menggunakan teknik analisis data meliputi reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan portofolio secara
tepat tidak saja meningkatkan kompetensi spesifik pada bidang studi tertentu
tetapi juga kompetensi yang bersifat umum yang diperlukan dalam kehidupan
seperti berpikir kritis, berpikir reflektif, memahami kelebihan dan kelemahan diri,
menemukan strategi untuk meningkatkan kompetensi, gigih dan menjadi
pembelajar yang mandiri. Penilaian portofolio yang perlu diperhatikan yaitu
indikator penilaian, prinsip-prinsip penilaian dan fungsi serta tujuan dalam
penilaian portofoio sehingga perkembangan kemampuan dan bakat peserta didik
dapat dipantau dengan baik. 2) Respon guru dan peserta didik merasa senang,
antusias dan lebih nyaman dalam melaksanakan penilaian portofolio karena
mampu merangkum semua tugas-tugas peserta didik dan lebih memudahkan
dalam proses penilaian hasil belajar peserta didik. 3) Kendala yang dihadapi guru
yaitu cenderung lebih memperhatikan hasil akhir dibandingkan proses pembuatan
portofolio, inkonsistensi guru terhadap indikator penilaian dan memerlukan waktu
yang relatif dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Penilaian, Portofolio, Pembelajaran, Sejara
Availability
T0980 | PS/ts T0980 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PS/ts T0980
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2023 |
Collation |
xvi, 179 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PS/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available