No image available for this title

Text

Implementasi Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah dan SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara/ La Rama



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang 1) Implementasi
penilaian portofolio dalam pembelajaran sejarah, 2) Respon guru dan peserta
didik terhadap implementasi penilaian portofolio dalam pembelajaran sejarah dan
3) Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian portofolio dalam
pembelajaran sejarah.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah dan SMA
Negeri 2 Mawasangka Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan studi dokumen. Guru dan peserta didik sebagai
informan penelitian dengan menggunakan teknik analisis data meliputi reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan portofolio secara
tepat tidak saja meningkatkan kompetensi spesifik pada bidang studi tertentu
tetapi juga kompetensi yang bersifat umum yang diperlukan dalam kehidupan
seperti berpikir kritis, berpikir reflektif, memahami kelebihan dan kelemahan diri,
menemukan strategi untuk meningkatkan kompetensi, gigih dan menjadi
pembelajar yang mandiri. Penilaian portofolio yang perlu diperhatikan yaitu
indikator penilaian, prinsip-prinsip penilaian dan fungsi serta tujuan dalam
penilaian portofoio sehingga perkembangan kemampuan dan bakat peserta didik
dapat dipantau dengan baik. 2) Respon guru dan peserta didik merasa senang,
antusias dan lebih nyaman dalam melaksanakan penilaian portofolio karena
mampu merangkum semua tugas-tugas peserta didik dan lebih memudahkan
dalam proses penilaian hasil belajar peserta didik. 3) Kendala yang dihadapi guru
yaitu cenderung lebih memperhatikan hasil akhir dibandingkan proses pembuatan
portofolio, inkonsistensi guru terhadap indikator penilaian dan memerlukan waktu
yang relatif dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Penilaian, Portofolio, Pembelajaran, Sejara


Availability

T0980PS/ts T0980Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PS/ts T0980
Publisher Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 179 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this